Kadin Gorontalo Canangkan Penanaman Jagung Perdana dan Follow Up Mou Pengembangan Industri Gula Aren

Kadin Gorontalo Canangkan Penanaman Jagung Perdana dan Follow Up Mou Pengembangan Industri Gula Aren

GOSULUT.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gorontalo melakukan pencanangan dan penanaman perdana Jagung yang dihadiri langsung Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan dan Perindustrian, Dian Prasetyo dan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo Brigjen Pol Sukandar dan Sekretaris Jenderal Lamahu Syaiful Ngiu, bertempat di Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Selasa (17/5/2022).

Kepala BNNP Gorontalo Brigjen Pol Sukandar sangat mengapresiasi apa yang telah dicanangkan oleh Kadin Gorontalo karena sangat sejalan dengan program BNN khususnya di bidang pemberdayaan alternatif masyarakat.

"Kegiatan ini mampu merubah pola pikir masyarakat dari penyalahgunaan narkoba ke kegiatan-kegiatan bermanfaat baik itu bidang pertanian, perikanan dan yang lainnya. Untuk itu kami (BNNP) akan membuat SPK (surat perjanjian kerjasama) dengan Kadin Gorontalo," Tutur Jenderal bintang satu ini.

Ketua Kadin Gorontalo, Vera Verial menuturkan, kegiatan tersebut merupakan program kerja yang telah dicanangkan pada Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) I yang digelar bulan Maret.

"Ini adalah follow up atau tindak lanjut dari Rakerprov dengan lokasi yang kita tanami merupakan lahan dari petani binaan Kadin Gorontalo," Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan turut dirangkaikan dengan mengunjungi ke PT. Sentra Mulia Sejahtera yang merupakan binaan dari Dir Narkoba Polda Gorontalo Kombes Pol Witarsa Aji terkait pengembangan komoditi gula aren yang juga mendapat perhatian dari Kadin Indonesia.

"Komoditi sebelumnya telah saya informasikan ke Kadin Indonesia dan Alhamdulillah mendapat respon positif karena permintaan luar negeri terhadap gula aren cukup besar sehingga sebelumnya kita telah melakukan Mou nantinya kita lihat mekanismenya serta dari sisi kualitas sudah baik tinggal kuantitas sebab ketika kita telah menerima kontrak dari pusat otomatis kita harus sanggup memenuhi kuantitas yang diminta," Terang Vera.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Perdagangan Kadin Indonesia Dian Prasetyo menyampaikan, Jagung adalah kebutuhan nasional yang masih defisit, sehingga bagi kadin memprioritaskan Gorontalo sebagai kluster yang sudah terkenal.

"Jagung Gorontalo terkenal sangat bagus jadi kita tingkatkan kesadaran masyarakat agar kembali menanam jagung, dalam hal ini juga kita bekerjasama dengan BNNP Gorontalo. Mengapa jagung karena jagung ini merupakan isu strategis dalam bidang ketahanan pangan," Ungkapnya.