Jumlah Jurusan Penerima Alokasi Beasiswa Perlu Ditambah

Jumlah Jurusan Penerima Alokasi Beasiswa Perlu Ditambah

GOSULUT.ID - Jumlah jurusan penerima yang mendapat alokasi bantuan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Gorontalo sebaiknya ditambah dari yang ada sekarang demi kelancaran studi di perguruan tinggi.

"Baru 3 jurusan yang mendapat alokasi bantuan itu, saya mohon kiranya ini dapat ditambah lagi dari yang ada agar dapat meringankan kami-kami sebagai orang tua sehingga selama kuliah tidak mengalami kendala," ujar Jhon Pangulu warga desa Bubeya Kecamatan Suwawa dihadapan anggota DPRD Provinsi Gorontalo Yuriko Kamaru, Jumat (24/6/2022).

Yuriko menanggapi, sebenarnya ia sejak awal telah merasa masih kurang atas jumlah jurusan yang mendapat alokasi beasiswa dari pemerintah provinsi karena melihat animo orang masuk perguruan tinggi utama anak daerah.

"Memang baru kedokteran, tehnik serta akuntasi yang dapat, saya pernah pertanyakan dan usulkan agar ditambah mengingat jumlah yang masuk perguruan tinggi begitu besar, lihat saja yang masuk UNG (Universitas Negeri Gorontalo)," ungkapnya.

Aleg NasDem ini bertekad akan berupaya terus menyuarakan ini ke pemerintah agar harapan dan keinginan dari para orang tua khususnya warga kurang mampu yang menginginkan anaknya bisa menyelesaikan studi dengan lancar bisa terpenuhi.

Selain itu kata dia, beasiswa harus diprioritaskan kepada mahasiswa yang berasal dari masyarakat biasa, pasalnya setelah dia amati yang menerima bantuan berasal dari anak pejabat.

"Sangat memiriskan, ini saya kritisi keras dan sampaikan tolong bantuan ini diberikan dan diprioritaskan ke masyarakat umum," tegasnya.

Yuriko berharap masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan program tersebut dengan segera memasukan proposal permohonan untuk diperjuangkan ke pemerintah provinsi.

Hal yang sama juga disampaikan kepada warga yang memiliki usaha-usaha kecil-kecillan untuk bisa mendapatkan suntikan modal atau tambahan dana.

"Masukan proposal termasuk juga bantuan pertanian sebab sesungguhnya fungsi kami sebagai anggota DPRD menjembatani dan memperjuangkan aspirasi rakyat. Saya berada disini wujud pertanggungjawaban dan pengabdian atas amanah yang diberikan bapak dan ibu," pungkas Ketua Fraksi NasDem-Amanat ini.