JPU Tuntut Hukuman Seumur Hidup Terhadap Ungke Pelaku Pembunuhan di Melonguane

JPU Tuntut Hukuman Seumur Hidup Terhadap Ungke Pelaku Pembunuhan di  Melonguane

Caption : JPU Kejari Talaud David Adrianto

Peliput : Frendy Sapoh

GOSULUT TALAUD - Masyarakat Talaud khususnya Melonguane mungkin Masih ingat  kasus pembunuhan di Kompleks Pertokoan Melonguane yang menewaskan satu  warga Kecamatan Melonguane yang dilakukan tersangka KP alias Ungke (42), mirisnya lagi kejadian naas yang terjadi pada Senin pagi (27/01/2020) tersebut disaksikan oleh anak korban yang masih di bawah umur. 

Kini kasusnya berproses di Pengadilan, Jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Kepulauan Talaud menuntut hukuman seumur hidup kepada tersangka atas pembunuhan berencana terhadap Dharma Tjantje Sa2weduling, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Melonguane. Kamis (28/5/2020).

JPU Kejari Talaud David Adrianto usai persidangan mengatakan, agenda persidangan yang dilaksanakan adalah pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Korinus Padenti alias Ungke Nus.

" JPU menuntut hukuman seumur hidup kepada terdakwa, karena melihat hal-hal yang memberatkan terdakwa berupa, menghilangkan dengan sengaja dan berencana. Melihat juga korban merupakan tulang punggung keluarga. Selain itu terdakwa juga merupakan residivis, karena telah melakukan tindak pidana sebanyak 4 kali," terang JPU yang juga Kasi Barang Bukti di Kejari Talaud

Diantara 4 (empat) perbuatan pidana terdakwa yakni, melakukan pembunuhan pada tahun 1997, perkara penganiayaan pada tahun 2004 dan 2013 serta yang terakhir pada 2020 menghilangkan nyawa orang. Maka dari itu JPU menuntut terdakwa dengan hukuman seumur hidup karena melihat banyak unsur yang memberatkan terdakwa.

"Sedangkan untuk hal yang meringankan terdakwa tidak ada unsur-unsurnya. Untuk pasal sendiri terdakwa di jerat berdasarkan dakwaan primiar pasal 340 KUHP," tutur jaksa yang di kenal sebagai jaksa sahabat masyarakat ini.