Jendral Moeldoko Resmikan Kantor Sekertariat HKTI Gorontalo

Jendral Moeldoko Resmikan Kantor Sekertariat HKTI Gorontalo

Laporan Wartawan www.gosulut.id, Ifan Ceper

 

 

GoSulut.id -Limboto- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Gorontalo resmi miliki kantor sekertariat yang terletak dilokasi Integrated farming System (IFS) Desa Balahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, diresmikan langsung Ketua Umum HKTI Pusat Jendral Purnawirawan Dr.Moeldoko, sabtu (02/02/19).

Ketua HKTI Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo dalam sambutannya mengatakan, Jendral Purnawirawan Dr. Moeldoko selaku kepala staf Kantor Presiden RI, tak henti-hentinya sempatkan waktu untuk Provinsi Gorontalo, maka keyakinan  Saya selalu tepat, selalu saja ketika Pak Moeldoko datang di daerah ini, pasti ada sesuatu yang sangat luar biasa dan membawah keberkahan.

”Oleh karenanya, walaupun waktunya sangat sedikit di Gorontalo, namun akan saya manfaatkan waktu tersebut, dulu sebelum menjadi staf khusus, pernah datang di daerah kita, dalam rangka membuka acara pertemuan koalisi pemerintah daerah penghasil kelapa, guna merumuskan berbagai hal, sehingga Pak Moeldoko menjadi motor penggerak perkelapaan di Indonesia” tutur Nelson Pomalingo.  

Desa Balahu menjadi salah satu daerah pertanian dengan system pertanian terpadu, yang luas lahan 2,5 hektar, terdapat sector pertanian, perikan, maupun peternakan.

Sementara itu Jendral Dr Moeldoko mengatakan, menuntaskan kemiskinan di bidang pertanian , melalui arah perubahan dan versi HKTI, dimana program-programnya menyentuh bagi para petani, yang pertama program Kementerian Pertanian ,selalu memberi subsidi benih, pupuk, dan lain sebagainya, nah hal tersebut menjadi sebuah upaya nyata pemerintah untuk terlibat langsung memudahkan petani dalam pengelolaan.  

“HKTI harus selalu menjadi solusi bagi petani, harus menjadi organisasi penjembatan dunia riset dan perguruan Tinggi, menjembatani bersama Pemerintah Daerah, dan menjembatani petani dengan Social Interprise” Ungkap Moeldoko.

Dalam meningkatkan Efisiensi Bidang Perikanan Danau Limboto, gunakan-lah metode budidaya ikan tawar microbable (memberi asupan oksigen yang lebih kecil dan merata) metode tersebut dapat mempengaruhi peningkatan masa panen.

“Saya sangat apresiasi peresmian HKTI dan tentunya dengan melihat semangat Ketua HKTI Gorontalo Nelson Pomalingo dalam pembangunan Daerah Gorontalo, tentunya dengan hal tersebut, kita harus melakukan perubahan, para petani harus kaya, dan untuk para penyuluh pertanian harus merubah mainsheet-nya untuk melakukan perubahan,atas metode pertanian berbasis ATM (Amati,Tiru dan Modifikasi)”.Tutur Moeldoko"***