Jalani Prosesi Modepito, Nelson: Ini Adat dan Adab Yang Harus Dijaga

Jalani Prosesi Modepito, Nelson: Ini Adat dan Adab Yang Harus Dijaga

GOSULUT.ID. - Mengakhiri masa jabatan Kepala Daerah sebagai Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menjalani prosesi adat Modepito atau penghantaran setelah menyelesaikan masa jabatan, Minggu (21/02/2021).

Ditetapkan kembali dirinya bersama Hendra Hemeto sebagai Bupati dan Wakil Bupati oleh KPU, sehingga prosesi adat yang dijalani adalah Modepito.

"Bagi pejabat yang kembali berlanjut pada periode berikutnya maka proses ini (Modepito) yang saya ikuti, jadi hanya diantar dan dalam waktu dekat akan di jemput lagi," ungkap Nelson.

Ia mengatakan, proses-proses adat salah satunya seperti yang dia jalani ini merupakan kekayaan atau khasanah yang perlu di jaga agar tetap lestari.

"Kita perlu tertib dan tertata rapi dalam pemerintahan, dan itu disebut adab. Sehingga saya mengikuti dengan baik dan insyaallah ini menjadi penyemangat dalam membangun daerah kedepan," sambung mantan Rektor UNG dan UMG ini.

Nelson menambahkan, selama dirinya menjadi Bupati Kabupaten Gorontalo berbagai tantangan besar yang harus dihadapi dengan tidak gampang. Diantaranya dalam waktu yang cukup lama tidak didampingi Wakil Bupati. Selanjutnya kata dia, dalam melakukan perubahan-perubahan dimasa kepemimpinannya tidak saja menuai respon positif tapi ada juga yang menanggapi secara negatif. Dan terberat adalah menghadapi masa Pandemi Covid-19, dimana berbagai program dan kegiatan yang telah direncanakan tertunda akibat dana yang direcofusing.

"Tapi saya yakin dan optimis menghadapi situasi pandemi saat ini serta menggerakkan ekonomi kita di kabupaten Gorontalo," pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman