"Jalani Prosesi Adat", Bupati Gorontalo : Kekuasaan Pemberian Sang Pencipta

"Jalani Prosesi Adat", Bupati Gorontalo : Kekuasaan Pemberian Sang Pencipta

KABGOR (GS) – Bupati Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Nelson Pomalingo jalani prosesi adat moloopu, Minggu, (28/02/2021) di rumah jabatan bupati.

Dalam prosesi adat tersebut, terlihat Nelson Pomalingo bersama istri tercinta, langsung diiringi oleh para pemangku adat dari tempat kediaman menuju rumah jabatan Bupati. Yang diawali dengan prosesi adat moloopu.

Menurut Nelson Pomalingo, kekuasaan merupakan pemberian dari Sang Pencipta kepada orang  yang dikehendaki, dan bukan kemauan manusia.

"Artinya, menjadi bupati bukan kemamuan saya ataupun rakyat. Namun ini sudah menjadi takdir. Kerena diberikan kepada orang dikehendaki," ucap Pomalingo. 

Dalam menjalankan proses adat, dirinya sangat menghargai semua proses yang ada. Pasalnya, hal itu akan menjadi pegangan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai bupati. 

"Banyak pesan yang terkandung dalam proses adat ini. Sehingganya, mari kita jaga proses adat ini. Ini juga akan menjadi pedoman dalam menjalankan tugas nanti," ucapnya.

Pomalingo meminta bimbingan dan selalu diingatkan dalam menjalankan tugas dengan baik. Sebagai manusia biasa butuh bimbingan dan peringatan yang baik dan benar.

"Olehnya, saya berharap kepada pemangku adat dan sesepuh, supaya terus dapat mengingatkan," pinta Pomalingo.

"Tapi, kadangkala cara mengingatkannya  tidak benar.  Hal ini bisa kita lihat di medsos. Dan ini sangat merusak tatanan pemerintahan dan masyarakat," tambahnya.***