JADI PILOT PROJECT DESA DI KABUPATEN GORONTALO

JADI PILOT PROJECT DESA DI KABUPATEN GORONTALO
JADI PILOT PROJECT DESA DI KABUPATEN GORONTALO

DESA HUTADAA MILIKI DIGITAL SID AKURAT

GOSULUT.ID - Limboto -  Desa Hutadaa adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Telaga jaya.desa ini terus berupaya melakukan perbaikan tingkat ekonomi masyarakat melakui usaha bersama yakni pembangunan bumdesmart.

Tak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat desa yang di genjot akan tetapi dari sistem pelayanan administrasi desa pun dilalukan.

Melalui penyajian sistem digital yang diberi nama sistem informasi desa (SID) saat ini hutadaa berkomitmen desa dalam genggam

berbagai potensi dusun ke dusun disajikan dalam SID yang terintegrasi di kantor desa hutadaa dan dikendalikan oleh tim IT yang handal. Semua data penduduk dan potensinya sudah ada di dalamnya

data penduduk ini mulai dari jumlah penduduk, profil kesehatan, jumlah bayi kurang gizi, jumlah ibu hamil, kemiskinan, pendidikan kesehatan dan sebagainya.

menariknya ketika sistem ini terbuka, maka aparat desa bisa mencetak melalui Printer monitor yang ada di Kantor desa. Tak hanya itu, layanan kepada masyarakat terkait administrasi saat sudah menggunakan sistem digital juga.

Sistem pelayanan surat menyurat dalam kepengurusan administrasi, baik itu KK, KTP dan lain-lain masyarakat tinggal menshare nama. ketika nama bersangkutan keluar, tugasnya melengkapi datanya dan ketika diclik OK surat keluar lewat Printer

" Intinya,bagi kami pelayanan kepada masyarakat sudah terstruktur melalui IT. dalam arti desa dalam genggaman," Ucap Kepala Desa Hutadaa Wowiling Habibullah.


Semenetara itu Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo saat melounching sistem informasi desa ini memberikan dukungan dan apresiasi atas kreatifitas aparat desa dan jajarannya.

"Patut kita berbannga bahwa pelayanan di desa ini sudah dalam genggaman oleh kades dan aparat.

Ia menegaskan model penyajian data ini akan menjadi pilot project untuk desa di Kabupaten Gorontalo.

" SID ini merupakan sistem digital.saat ini sudah zaman Now, tidak zaman lagi berlama-lama mencari data, data harus lengkap dan akurat," ujar Nelson.

Bupati Nelson katakan, hal ini sudah dibuktikan oleh desa hutadaa pelayanan administrasi secara cepat.

Ia pun meminta model digital begini yang harus dikembangkan setiap desa di Kabupaten Gorontalo, desa -desa lain bisa belajar di disini.

"Saya yakin desa itu berkembang dan kecamatan menjadi baik tergantung leadership pemimpinnya.dengan leadirship kades dan camat maka bupatinya juga akan hebat. Kata kuncinya di  desa,karena apapun yang saya buat  tidak bisa berkembang jika desa tidak menerimanya dengan baik," Tutup Nelson. (irfan/hms)