Idul Adha Tahun 2020 , Umat Muslim di Talaud Kurbankan 18 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing

Idul Adha Tahun 2020 , Umat Muslim di Talaud Kurbankan 18 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing

Panitia Hewan Kurban di Masjid Jabal Rahmah Melonguane

Peliput/Editor : Marwan Pakaya

GOSULUT TALAUD - Umat islam di Kepulauan Talaud mengurbankan puluhan ekor sapi dan kambing pada perayaan Idul adha tahun ini yang tersebar dibeberapa Masjid.

Tercatat, total ada 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang disembelih,penyembelihan hewan kurban tersebut dilaksnakan di Halaman Masjid masing masing.

Selain Muzaki, Pemerintah kabupaten setempat juga turut memberi bantuan 4 ekor Sapi yang diberikan kepada Panitia Kurban di Masjid Jabal Rahmah Melonguane, Masjid As Syuhada Beo, Masjid Al Ansar Lirung dan Masjid Nurul Jihad Bawunian.

Nantinya, secara keseluruhan Daging Kurban ini akan disalurkan kepada 1106 Kepala Keluarga (KK) warga Muslim di Talaud dengan perincian, Mesjid Nurul Jihad Bawunian 115 KK, Mesjid Nur Salam Resduk 98 Kk, Mesjid Assyuhada Beo 215 Kk, Mesjid Al Inayah Bowombaru 36 KK dan Mesjid Al Ansar Lirung 277 Kk.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Talaud Ariyanto Paneo SPd mengungkapkan, Semangat dan peran aktif Umat Muslim dalam setiap momen idul adha di Talaud sangat tinggi, terbukti setiap tahun para Muzaki (Pemberi Hewan Kurban) yang dibagi dalam setiap kelompok selalu bertambah.

"Karena para Muzaki ini paham betul, Nilai pahala dari setiap hewan kurban yang disembelih di Momen Idul Adha ini walaupun saat ini kita lagi dilanda pandemi Covid 19 ," ungkap Paneo.Jumat (31/07/2020)

"Dan Alhamdulillah, tahun ini kami berterima kasih kepada Pemerintah yang telah menyumbangkan 4 ekor sapi kepada kami umat islam yang ada di Talaud," ucapnya.

Terpantau, di Masjid Jabal Rahmah Melonguane,Usai Shalat Idul Adha di Halaman Masjid, Panitia Hewan Kurban menyembelih 8 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing. Daging kurban ini kemudian diserahkan kepada kurang lebih 365 Kepala keluarga yang ada di Ibukota Kabupaten Talaud dengan syarat harus menunjukan Kupon yang sebelumnya telah disediakan oleh Panitia

"Seperti tahun tahun sebelumnya, pembagiannya berdasarkan Kupon yang sudah dibagikan kepada jamaah Masjid, kemudian mereka tinggal menukarnya di meja panitia," jelas Yulham Azha. Panitia Hewan Kurban Masjid Jabal Rahmah Melonguane.