Idah: Pemerintah Perlu Fasilitasi Kaum Disabilitas Pada Ibadah Haji

Idah: Pemerintah Perlu Fasilitasi Kaum Disabilitas Pada Ibadah Haji

GOSULUT.ID - Penyandang Disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang harus mendapat perlakukan sama dalam mendapatkan berbagai layanan informasi, termasuk penyelenggaraan pelaksanaan ibadah haji.

"Sengaja saya mengundang mereka pada kegiatan, karena informasi tentang ibadah haji juga sangat dibutuhkan apalagi ada program haji muda," ungkap Anggota DPR RI, Idah Syahidah Rusli Habibie pada kegiatan Strategi pengelolaan keuangan haji dan sosialisasi BPIH, di Hotel Citymall, Kota Gorontalo, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, berbagai informasi yang diperoleh dalam sosialisasi itu juga menjadi jawaban bagi para penyandang disabilitas yang sudah lama berkeinginan untuk berangkat haji.

"Khusus penyandang tuna rungu ini perlu mendapat perhatian dan pertimbangan dari pemerintah, tidak hanya satu atau dua orang saja, tapi kalau ada sekitar 20 orang dalam satu kelompok perlu kita fasilitasi," katanya.

Ia menegaskan, fasilitasi terhadap kaum disabilitas akan menjadi masukan bagi DPR RI untuk dapat diperjuangkan dan dikawal sehingga mendapat perhatian dan perlakuan bagi pengambil kebijakan dalam hal ini kementrian agama sebagai mitra yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan rukun Islam yang kelima tersebut.

"Perhatian kepada mereka menjadi fokus saya dan ini akan menjadi PR (pekerjaan rumah) oleh DPR RI khususnya Komisi VIII," tandasnya.