Hut Ke 12 Bolmong Utara, Bupati Depri Pontoh : Jadikan Inspirasi Dan Kekuatan Mewujudkan Cita-Cita Pemekaran

Hut Ke 12 Bolmong Utara, Bupati Depri Pontoh : Jadikan Inspirasi Dan Kekuatan Mewujudkan Cita-Cita Pemekaran

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Muchtar Harundja

Editor : Yance Harun

 

 

 

 

GoSulut.ID –Boroko- Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Utara menyelenggarakan Hari Lahir Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang Ke-12, tepatnya, kamis (23/5).

Hut ke 12, tepatnya di bawah pemerintahan Bupati Bolaang Mongondow Utara, Drs.Hi. Depri Pontoh Dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara  Drs.Hi. Amin Lasena,M.AP.

Penyelenggaraan ulang tahun, berlangsung dengan baik dan lancar. Di awali dengan pembacaan riwayat singkat sejarah  terbentuknya daerah itu oleh Samidin Korompot, S.IP.Dalam sambutannya Bupati Bolaang Mongondow Utara, Depri Pontoh mengatakan, nikmat terpenting dalam memimpin hari ulang tahun Bolmut yang Ke 12 ini, bagaimana sebuah keteladanan nilai dan semua proses perjuangan pemekaran yg diwariskan oleh para pendiri dan presidium pemekaran.

”Di jadikan sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk mewujudkan cita-cita pentingnya pemekaran daerah. Karena Bolmong Utara rumah besar yang harus kita jaga sebaik baiknya. Ladang pengabdian yang harus kita kelola, sebagai sumber kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Depri Pontoh.

Terima kasih pada pejuang dan presidium yang harus kita manifestasikan.

”Hari ini kita adalah sebagai daerah yang berkembang, memiliki potensi keunggulan tersendiri. Mengukir sejarah untuk terus berkembang dan menjadikan Bolaang Mongondow Utara yang berkelanjutan, mandiri dan berdaya saing,”Sambungnya.  Depri Pontoh menjelaskan, dalam kurun waktu 8 bulan masa pemerintahannya, bersama wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara, Amin Lasena.

”Telah berbagai macam kebijakan program strategis, yang mendasar telah berangsur kami penuhi untuk masa kerja 5 tahun kedepannya.Kemudian telah memiliki peraturan pemerintah daerah no 1 tahun 2019, perihal Rencana Pembangunan Daerah Jangka Menengah (RPJMD) tahun 2019-2023,”tegas Depri Pontoh.

Melalui 4 strategi pembangunan, yaitu pro  pertumbuhan, pro penciptaan lapangan kerja, pro kemiskinan dan pro lingkungan.

”Saya dan bersama Wakil Bupati, Amin Lasena telah mengemas paket kebijakan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya. Memantap-kan tatakelola yang baik, good government dan cleans government, guna meningkatkan daya saing ekonomi. Berbasis pertanian, perikanan, pariwisata dan pemerataan pemantapan pembangunan. Disamping itu, bagaimana kita semua meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan pada seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Utara,” ”ucap Deperi Pontoh.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan Dokumen & Peresmian Yayasan Madani Bolaang Mongondow Utara. Didirikan Dra.Hj. Ainun Talibo, bersama Ketua yayasan Dr,Drs.Hi. Asripan Nani, M.SI dan penanggungjawab yayasan ibu Dra. Sitty Safwania Djenaan, Sulha Mokodompis,S.Pd,MM, Nazaruddin Maloho S.Pd, M.Si, Drs. Hi.Lexi Talibo dan Siradjudin Lasena SE Mec. Dev. Untuk Pembangunan Sarana Pendidikan Politeknik yang akan didirikan di Kecamatan Bintauna. Sementara ini gedung yang dipakai adalah Balai Diklat yang berada di desa Inomunga untuk menerima mahasiswa baru pada bulan September tahun ini.

Hadir dalam Hut Ke 12 tersebut,  Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs,Hi.Amin Lasena,MAP, Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Wakil ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kepala Kejaksaan Negeri  Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kapolres Kotamobagu atau yang mewakili, Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Ketua Pengadilan agama Boroko, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.***