Huludu Lipu Talumelito Sangat Menjanjikan

Huludu Lipu Talumelito Sangat Menjanjikan
Huludu Lipu Talumelito Sangat Menjanjikan

Limboto – gosulut.id - Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu Desa yang telah dicangakan menjadi desa konservasi budaya di Kabupaten Gorontalo. Pencanangan desa konservasi Budaya ini, sangatlah beralasan, karena di desa itu masyarakatnya, masih berpegang teguh akan kepercayaan dan eksistensinya budaya adat Gorontalo.

Sejak dicangkan sebagai desa konservasi Budaya, oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, membuat semangat baru, bagi masyarakat untuk melestarikan budaya adat Gorontalo, dipadukan dengan potensi wisata alam.

Dengan perpaduan dua sector, sebagai penunjang sektor pendapatan masyarakat berbagai ivent budaya dan wisata, dilaksanakan ditempat itu, bertujuan mendongkrak pendapatan masyarakat.

Untuk memeriahkan HUT Kabupaten Gorontalo ke 345, kembali masyarakat setempat, melaksanakan Festival Pesona Huludu Lipu tahun 2018 dan dan karnaval Pakaian Adat Gorontalo. Kegiatan ini , menggandeng Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Utara juga bekerja sama dengan KiSapta dan TP- PKK kabupaten Gorontalo,Minggu (25/11/18).

Dirangkai dengan pasar kuliner , beroleh apresiasi dari Ketua Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Utara Apolos Marisan, S.Sos.

Menurutnya budaya di Gorontalo, baik itu Festival Huludu Lipu serta karnaval pakaian adat yang dilaksankana hari ini sangat luar biasa penampilan adat gorontalo.

" Kami Sangat Bangga dengan Nilai Budaya yang ada di Gorontalo, apalagi, tadi saya datang disambut dengan adat Gorontalo," Tukasnya.

Kerjasama seperti terus dipertahankan, guna melestarikan budaya disetiap Daerah,khususnya diwilayah kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Utara.

Sementara itu, Husni Mohi selaku yang memeprakarsai kegiatan  itu menyampaikan, ucapan terimakasih kepada BPNB Sulut yang sudah menjalin kerja sama dengan kami dalam kegiatan Karnaval Pakaian adat Gorontalo dan Festival Huludu Lipu.

”Tak lupa juga, disampaikan terima kasih pada Bupati Gorontalo dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo yang terus mendukung kegiatan ini," Ucapnya.

Lelaki yang biasa disapa Aba Dinggo ini menerangkan,potensi objek dan daya tarik wisata "HULUDU LIPU" di desa talumelito kecamatan telaga biru,Kabupaten Gorontalo merupakan desa konservasi budaya Gorontalo,  di dukung dengan adanya Banthayo Lo Langga Wawu Longgo,juga sanggar-sanggar budaya yang masih tetap eksis dalam pelestarian budaya tradisional Gorontalo, sehingga membuat daya tarik wisata Huludu Lipu lebih indah dan menarik, tandasnya. (Ih-04)