Harga Herbisida Naik 100 Persen, Komisi 2 Minta Pihak Terkait Turun Tangan

Harga Herbisida Naik 100 Persen, Komisi 2 Minta Pihak Terkait Turun Tangan

GOSULUT.ID - Masalah yang dihadapi petani tidak kunjung selesai. Setelah harga bibit naik, kini racun pembasmi rumput atau herbisida mengalami kenaikan mencapai 100 persen. 

Hal ini disampaikan minto selaku distributor herbisy tanindo kepada Komisi 2 DPRD Provinsi Gorontalo saat melakukan agenda monitoring di Desa Sidomulyo dan Gandaria, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/09/2021).

"Sudah sekitar sebulan terakhir tercatat tiga kali kenaikan herbisida, dan hari telah ini mencapai kenaikan 100 persen dari harga awal," ujarnya.

Atas melambungnya harga herbisida, salah satu anggota Komisi II Wasito Sumawiyono menegaskan, kondisi ini harus segera disikapi pihak terkait dengan turun tangan untuk menelusuri penyebab kenaikan harga.

Menurutnya, saat ini petani telah ketergantungan dengan herbisida untuk proses budidaya tanaman, sehingga ketika herbisida naik harga pasti akan memberatkan petani.

Aleg Golkar ini berharap produsen atau distributor saprotan kiranya tidak berspekulasi mengambil keuntungan berlebihan dari petani. Dinas pertanian dan perdagangan kiranya dapat memantau hal ini di lapangan.

"Saya berharap kenaikan harga ini hanya situasional dan segera normal kembali. Dalam waktu dekat akan kami kordinasikan dengan pihak produsen untuk melihat penyebab kenaikan harga herbisida tersebut," sambungnya.