Handsanitizer Karya Polda Gorontalo Telah Lalui Uji Lab, Kapolda: Aman Dipakai dan Kami Bagikan Gratis ke Masyarakat

Handsanitizer Karya Polda Gorontalo Telah Lalui Uji Lab, Kapolda: Aman Dipakai dan Kami Bagikan Gratis ke Masyarakat

GOSULUT.ID- HUKRIM- Handsanitizer dengan berbahan dasar dari minuman keras jenis cap tikus hasil karya Polda Gorontalo dijamin aman dan layak digunakan.

Hal ini diungkapkan Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr. Adnas, M.Si kepada para awak wartawan saat memperlihatkan dan menjelaskan proses pembuatan handsanitizer di SPN Polda Gorontalo. Kamis (23/7/2020).

Dijelaskan Adnas, dari hasil operasi yang dilakukan personil dalam menggagalkan penyelundupan miras (cap tikus) terutama di pos perbatasan tidak semuanya dimusnahkan.

"Saya berpikir miras ini pasti ada nilai manfaatnya, akhirnya muncul ide untuk bagaimana mengolahnya menjadi handsanitizer dengan berkonsultasi dengan BPOM Gorontalo.

Diuraikan, dari 60 liter cap tikus setelah melalui mesin pengolahan atau destilasi mampu menghasilkan 316 botol handsanitizer.

"Dengan ukuran 60 ML setiap botolnya, dengan kadar alkohol 80 sampai 90 persen. Handsanitizer ini juga dicampur daun jeruk, sirih serta pewangi. Menurut BPOM, produk ini sangat efektif membunuh kuman. Inilah yang kita bagi-bagikan gratis kepada masyarakat ketika kami melakukan operasi," Terang Kapolda.

Adnas menambahkan, hasil olahan dan karya Polda Gorontalo ini merupakan bakti sosial Polri kepada masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di daerah ini.

"Sudah ribuan botol dihasilkan serta kami bagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat dengan harapan wabah covid-19 di provinsi Gorontalo bisa segera berakhir. Kami jajaran polda terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menjalan aktifitas sehari-hari," Tutup Kapolda.

Editor: Harso Utiarahman