Guna Mendukung Ketersedian Pangan Lokal Kader PKK Lakukan Gelar Pangan Tahun 2018.

Guna Mendukung Ketersedian Pangan Lokal  Kader PKK Lakukan Gelar Pangan Tahun 2018.
Guna Mendukung Ketersedian Pangan Lokal  Kader PKK Lakukan Gelar Pangan Tahun 2018.

Limboto - gosulut.id - Dalam rangka mendukung ketersedian pangan lokal dan mendukung kebiasaan masyarakat mengkonsumsi bahan lokal sebagai wujud menciptakan keluarga sehat, Kader PKK Kabupaten Gorontalo hingga tingkat kecamatan dan desa se Kabupaten Gorontalo mengikuti gelar pangan yang dilaksanakan dinas ketahanan pangan Kabupaten Gorontalo tahun 2018 di halaman kantor DKP,Kamis (15/11).

Pada Kegiatan ini PKK Desa yang didampingi PKK Kecamatan menyajikan berbagai olahan makanan lokal di lombakan, seperti bahan umbi-umbian hingga makanan khas Gorontalo untuk peningkatan kesehatan dan peningkatan gizi.

Kepala Dinas Ketahahan Pangan Kabupaten Gorontalo Nani Mokodongan ditemui usai kegiatan menjelaskan, bahwa kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Gorontalo yang ke 345 dan Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2018.

"Gelar pangan ini kami buat untuk seluruh masyarakat terutama ibu-ibu PKK yang ada di wilayah terpencil. Dan kami membuat hajatan ini untuk mendorong masyarakat agar mengkonsumsi makanan sehat, bermutu dan bergizi seimbang," ujar Nani.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengatakan bahwa, sebagai mitra dari Dinas Ketahanan Pangan dalam melaksanakan ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo, dalam hal ini pihaknya telah memprioritaskan program ketahanan pangan yang terintegrasi dengan program kesehatan, dan penurunan stunting.

"Sehingganya bagaimana mendorong seluruh instansi terkait, guna mensukseskan program yang sedang kita persiapkan yang akan diberdayakan oleh kemenkes. Apalagi gelar pangan memang terkait dengan program kita dan semuanya tidak akan bisa sukses apabila pangan tidak terlibat langsung," ujar Fory.

Dalam kesempatan yang sama,ketua PKK Kabupaten Gorontalo didampingi Kepala dinas Ketahanan Pangan meninjau pemanfaatan lahan atau kebun hortikultura berada disamping Kantor DKP.

Disela-sela itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo mengajak masyarakat Kabupaten Gorontalo khususnya para ibu -ibu memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. Seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan lainnya, kita tidak perlu lagi membeli di pasar. Bahkan, jika dikelola dengan baik, akan dapat dijual, sehingga mampu menambah penghasilan.

Selain sayur dan buah-buahan, masyarakat juga dapat memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman obat keluarga, seperti jahe, daun sirih, kayu manis, dan lainnya.

"Keberadaan tanaman obat-obatan di pekarangan rumah, tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengobatan apabila nantinya ada keluarga yang sakit," tuturnya. 

Diakhir penyampaiannya Ibu Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Gorontalo ini menerangkan ,jika dalam pemilihan bibit sayur-sayuran ada hambatan, PKK Kabupaten Gorontalo akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dalam pembagian bibit gratis. (ih-03)