Gorut Masuk Dalam Verifikasi Lapangan Penilaian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Gorut Masuk Dalam Verifikasi Lapangan Penilaian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

GORUT, (GS) - Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) masuk dalam verifikasi lapangan penilaian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) lewat Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI (PPPA-RI).

Hal tersebut disampaikan Bupati Gorut Indra Yasin, saat mengikuti kegiatan verifikasi lapangan penilaian penghargaan APE secara virtual dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI (PPPA-RI), Selasa (30/03/2021).

"Memang Gorut sebagai salah satu calon penerima penghargaan APE tahun 2021. Mengingat Gorut sendiri telah diberikan ruang oleh kementerian pemberdayaan perempuan untuk mengikuti penilaian tersebut," ujar Indra Yasin.

Telah dijelaskan bahwa verifikasi ini dalam rangka pemberian penghargaan APE, bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) dimasing - masing daerah.

"Karena mereka juga ingin menggali dan mendapatkan informasi - informasi akurat, apa saja yang kita lakukan untuk pemberdayaan perempuan di daerah. Karena terkait gender di Gorut sendiri terus mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, dalam kurun waktu pemerintahan jelasnya." jelasnya.

Ia menambahkan, dimana pemkab gorut sangat mendukung kegiatan ini. Sehingga demikian dirinya meminta seluruh OPD, untuk melibatkan kaum perempuan dalam memberikan ruang dan ide dalam keterlibatan program pengarustamaan gender di daerah.

"Selain menjadi penilaian dari tim verifikasi, program kegiatan pengarusutamaan gender ini, sangat penting dan perlu kira dukung secara bersama - sama. Saya berharap dalam hasil verifikasi atas penilaian penghargaan APE itu sendiri, sesuai dengan harapan yang diperoleh," tutup Indra.(**)