Gerakan Menanam Serentak Di HUT Kabupaten Gorontalo ke 345

Gerakan Menanam Serentak  Di HUT Kabupaten Gorontalo ke 345
Gerakan Menanam Serentak  Di HUT Kabupaten Gorontalo ke 345

Limboto –gosulut.id - Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kabupaten Gorontalo ke 345,pemerintah Kabupaten Gorontalo mencanangkan gerakan tanam (Gertam )serentak komoditas pertanian oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta seluruh kepala desa se Kabupaten Gorontalo, melibatkan unsur Polri dan TNI,Jumat (23/11/).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo mengatakan,selain dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Gorontalo juga dalam rangka upaya percepatan tanam komoditas pertanian , guna mensukseskan upaya percepatan swasembada pangan di daerah.

”Hal ini dilaksanakan dalam rangka memotivasi dan menggerakan seluruh elemen dan stoke holder pertanian untuk segera mekakukan penanaman komoditas,  seiring dimulainya musim penghujan”Kata Rahmat.

Pelaksanaan gerakan  tanam serentak dilakukan di lahan seluas 0,50 S.D 1 Ha,  dikelola oleh kelompok tani di 19 kecamatan, maka mealui pencanangan ini, diharapkan petani tidak hanya menanti,  tapi tergerak dalam memanfaatkan sumberdaya lahan yang tersedia.

"Untuk itu Dinas pertanian Kabupaten Gorontalo akan terus mendorong dan mendampingi petani dalam mengembangkan usahanya," Katanya

Rahmat Pomalingo menambahkan,program tanam serentak komoditas oleh ASN tingkat Kabupaten Gorontalo adalah inisiatif Bupati Gorontalo dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Gorontalo ke 345, bertujuan memberi semangat untuk kita semua,  berkomitmen terus meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Gorontalo yang diharapkan indeks pertanaman akan semakin besar.

Bupati Gorontalo Prof Nelson  melalui Kadis Pertanian berharap, gerakan tanam serentak komoditas pertanaian oleh ASN Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo , dapat menjadi agenda pemerintah daerah, setiap awal musim  pertanaman dan menjadi kinerja dinas pertanaian Kabupaten Gorontalo.

" Tujuan adalah menyediakan acuan pelaksanaan gerakan tanam serentak komoditas,  oleh ASN dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo, dalam meningkatkan koordinasi dan keterpaduan pelaksanaan program dan kegiatan lintas sektor melalui gerakan tanam serentak" Jelas Rahmat

Diakhir penyampayannya Rahmat Pomalingo menjelaskan , tujuan lain gerakan tanam serentak ,  meningkatkan pengetahuan,keterampilan dan perubahan sikap petani,  guna mempercepat penerapan komponen pengelolaan produksi komoditas pertanian. Bertujuan meningkatkan produktivitas ,produksi dan pendapatan serta kesejahteraan petani di Kabupaten Gorontalo," Tutur Rahmat. (Ih-04).