Fory Naway : Desa Biluhu Tengah Pilot Project Wisata Literasi 

Fory Naway : Desa Biluhu Tengah Pilot Project Wisata Literasi 

GOSULUT.ID - Desa Bilihu Tengah, Kecamatan Bilihu, Kabupaten Gorontalo merupakan sebuah desa pilihan, yang menjadi wilayah program nasional untuk pengabdian masyarakat, dan tahun ini lebih pada daerah teluk tomini atau pesisir pantai.

“Jadi, saya mengambil tema dengan konsep bagaimana perpustakaan ini bisa berdampak positif kepada seluruh masyarakat,” Kata Bunda Baca Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway, M.Pd, dalam kegiatan Sosialisasi program kerja pengabdian pada masyarakat tentang pendampingan tata kelola layanan perpustakaan keliling berbasis kawasan teluk tomini, Selasa (23/06/2020).  

Kegiatan ini digagas atas kerjasama Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui dinas perpustakaan dan kearsipan daerah. 

Lanjut Fory Naway,  saat ini angka putus sekolahnya masih tinggi diwilayah ini. Jadi, kata Dia, program UNG dari lembaga pengabdian masyarakat memilih Desa Biluhu Tengah sebagai lokasi pelatihan khusus pengabdian masyarakat.  

“Dengan konsep perpustakaan keliling ini mencakupi tiga dusun, dan itu akan dibantu dengan mobil pintar/mobil perpustakaan,” lanjut Fory Naway.

Nantinya disetiap dusun akan dibuat zona-zona edukasi untuk wisata literasi.  Nah, Wisata literasi ini menurut Fory Naway, akan menjadi pilot project yang dibina oleh UNG dan bermitra dengan dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Gorontalo.  

“Linknya ke pusat, karena ini program Nasional. Perpustakaan Nasional memberi bantuan soal  buku  sesuai dengan pesisir- pesisir, yang dibantu termasuk pesisir pantai dan referensinya lebih banyak pada masalah perikanan atau tata cara nelayan.

"Bagaimana cara penangkapannya, jenis ikan termasuk memilih kualitas ikan baik untuk  intelektual pertumbuhan anak dan lain-lain,” jelas Fory Naway.

Untuk itu, bunda baca di tingkat desa dan kecamatan harus diberdayakan dengan potensi dan menggalang lagi satgas-satgas relawan litersi.

“Satgas ini Kami memilih para alumni dari UNG yang sudah berdomisili  di desa ini dan mereka jadi mitra bunda baca desa dan kecamatan untuk membantu aktivitas persiapan wisata literasi yang ada  di desa bilulu tengah ini,” ujarnya.***