Fory Naway Deklarasikan DEKELA di Kecamatan Pulubala dan Batudaa Pantai

Fory Naway Deklarasikan DEKELA di Kecamatan Pulubala dan Batudaa Pantai

GOSULUT.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Fory Naway menghadiri sosialisasi Desa / Kelurahan Layak Anak (DEKELA) sekaligus dirangkaikan dengan deklarasi DEKELA di Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala dan Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai, Jum'at (24/06/2022).

Kegiatan tersebut digelar untuk mengembangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo sebagai Kabupaten Layak Anak. Mulai dibangun dengan pondasi yang kuat dari tingkat bawah untuk pemenuhan dan perlindungan anak. 

Oleh sebab itu, Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan semua stoke holder mendirikan DEKELA.

Dalam deklarasinya, Fory Naway menyampaikan betapa pentingnya sosialisasi UU perlindungan anak dan indikator DEKELA kepada lembaga - lembaga terlibat, masyarakat, dan pata pemangku kepentingan sektor pendidikan agar memperhatikan serta menindaklanjuti kegiatan / program masuk dalam kategori Desa Layak Anak.

Hal ini dilakukan untuk menjamin terpenuhinya hak - hak perlindungan anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat serta martabat kemanusiaan.

Fory menjelaskan, bahwa langkah ini merupakan bagian kepedulian pemerintah Kabgor terhadap perlindungan hak anak. 

"Bahkan sosialisasi UU pernikahan dini kita sampaikan kepada masyarakat," jelasnya. 

Demi terwujudnya aksi tersebut, Ia berharap dukungan semua pihak ditingkat kecamatan dan desa, baik dari kepolisian, Danramil, tenaga kesehatan, pendidik,  masyarakat, dan tokoh adat.

"Mudah mudahan ini dapat terlaksana dengan baik. Karena, komitmen ini sudah dibangun sejak tahun 2018 dan sampai saat ini tetap dilaksanakan untuk mewujudkan target persiapan penilaian Kabupaten Layak Anak," tutupnya.***