Fory Naway Bakal Wujudkan Limboto Dalam Taman Guna Meriahkan 17 Agustus 2020

Fory Naway Bakal Wujudkan Limboto Dalam Taman Guna Meriahkan 17 Agustus 2020

GOSULUT.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo mengatakan, bakal  mewujudkan ibu kota Kabupaten kota limboto dalam taman. 

Karena itu sebagai upaya guna  membumikan berbagai tanaman bunga di pusat ibu kota Kabupaten Gorontalo. Guna memeriahkan 17 agustus tahun 2020 nanti, dirinya juga bakal menggelar lomba taman bagi seluruh masyarakat di kecamatan limboto. 

Tak hanya punya impian Limboto dalam taman, Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu juga bakal mewujudkan Daerah ini menjadi Kabupaten dalam pangan. 

" Dua agenda yang akan kita gelar dalam rangka memeriahkan 17 agustus nanti, pertama lomba hias taman bunga di rumah  masing –masing dan pusat ibu kota limboto tersebar di semua kelurahan untuk mewujudkan kota limboto dalam taman dan kedua, lomba pemanfaatan pekarangan khususnya tanaman keluarga (Toga)  termasuk tamanan herbal dan apotek hidup,"ujar Fory.

Naway saat meninjau kebun PKK desa di Kecamatan Telaga Jaya dan Kecamatan Tilango.

Lebih lanjut, Fory mengatakan, Kabupaten pangan yang bakal diwujudkan adalah setiap ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayur-sayur, tanaman herbal juga apotek hidup.

" Disini ibu-ibu harus kreatif manfaatkan pekarangan dengan tanaman  selain menghiasi berbagai tanaman bunga juga tanaman herbal dan apyek hidup termasuk berbagai macam tanaman sayurran," ungkapnya.

Oleh karena itu, Fory berharap peran PKK kecamatan dan desa untuk mensosialisasikan program ini. Artinya, tugas kader PKK mengajak masyarakat untuk manfaatkan pekarangan dengan tanaman hias dan tanaman obat-obatan keluarga termasuk sayuran.  

“ Ini target kita, kalau dapat kegiatan ini berlanjut bukan hanya pada lomba akan tetapi minimal juga menjadi lahan mata pencaharian bagi masyatakat di setiap kelurahan dan desa," tandasnya.

Fory juga mendorong masyarakat untuk membangun galeri bunga juga pematang atau bedeng disetiap halaman rumah masyarakat.

" Minimal bunga yang dipelihara dan tanaman herbal atau tanaman obat keluarga serta apotek hidup ini dapat diperjual belikan untuk mendorong peningkatan ekonomi kelurga,"tuturnya.***

Editor : Alwin Ibrahim