FKUB Kota Gorontalo Gelar Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan

FKUB Kota Gorontalo Gelar Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan

GOSULUT.ID - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Gorontalo bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan dengan tema Merawat Keberagaman, Meneguhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang bertempat di Aula Kantor Walikota, Kota Gorontalo, Senin (2/10/2020).

Walikota Gorontalo, H. Marten A. Taha saat membuka kegiatan sangat mengapresiasi dan menyambut dilaksanakan acara yang pertama kalinya di buat di Provinsi Gorontalo dan menetapkan Kelurahan Tenda sebagai sasaran awal percontohan kelurahan yang sadar kerukunan.

Lebih lanjut ia mengatakan keberagaman yang ada di kota Gorontalo jangan menjadi sumber konflik tapi adakah sumber sosial dalam meneguhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Toleransi bukan hanya diatas kertas tapi juga dalam kehidupan kita harus saling menghargai dan menghormati karena itu akan meneguhkan NKRI," ungkapnya.

Marten berpesan dengan proaktifnya FKUB Kota Gorontalo diharapkan dapat menaungi semua umat beragama, sehingga hubungan didalam umat beragama, antara umat beragama, serta umat beragama dengan pemerintah semakin baik.

Ketua FKUB Kota Gorontalo, dr. KH. Burhanudin Umar menjelaskan, kegiatan yang diawali dari kelurahan Tenda ini kedepan diharapkan menjadi kegiatan di semua kelurahan yang ada di kota Gorontalo.

"Kita tahu di kelurahan Tenda ini ada banyak umat agama seperti Kristen, Konghucu, dan Budha. Ini yang akan kita coba buat program atau kegiatan dan FKUB sebagai mediatornya, misalnya setiap tiga bulan ada pertemuan antara tokoh agama di kelurahan tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, akhir-akhir ini sudah mulai banyak bermunculan pemahaman yang berpotensi memecah umat, apalagi ditambah lagi dengan adanya media sosial (medsos).

"Kami FKUB Kota Gorontalo akan senantiasa berperan aktif kepada masyarakat dalam rangka membina kerukunan tsrsebut," tandasnya.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan Muchlis S. Huntua, S. Ag, M. Si., Menyampaikan kota Gorontalo sebagai daerah yang dinamis dengan keberadaan semua agama menjadi latar belakang digelarnya kegiatan tersebut.

"Kondisi ini sehingga kami FKUB Kota Gorontalo menggagas kegiatan dengan melibatkan para peserta dari lintas agama, tokoh masyarakat dan para pemuda," sambungnya.

Melalui kegiatan ini ungkap Sekertaris NU Kota Gorontalo, keberagaman yang ada di kota Gorontalo dapat terus terpelihara terjaga dan bersama-sama satu langkah membangun Kota Gorontalo serta Provinsi Gorontalo dengan damai dan sejahtera melalui kerjasama semua lintas agama.

"Dan alhmadulilah kami (FKUB) mendapat dukungan dan suport dari Kementrian agama untuk menggelar kegiatan ini, sehingga insyaallah kelurahan Tenda menjadi contoh bagi kelurahan lainnya di Kota Gorontalo bahkan provinsi Gorontalo untuk Desa/Kelurahan Sadar Kerukunan," tutupnya.

Kegiatan ini juga diisi diskusi dengan menghadirkan narasumber, Walikota Gorontalo H. Marten A. Taha, Ketua FKUB Kota Gorontalo, dr. KH. Burhanudin Umar, Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, serta Akademisi dan Budayawan Dr. Alim Niode.

Editor: Harso Utiarahman