F-PKS DPRD Provinsi Gorontalo Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

F-PKS DPRD Provinsi Gorontalo Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

 

GOSULUT.ID - Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Provinsi Gorontalo menggelar Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi Gorontalo yang dibuka langsung oleh Yasin Usman Dilo selaku Ketua F-PKS, Sabtu (27/11/2021).

Lomba ini diikuti oleh para santri yang berasal dari sejumlah Pesantren, seperti Pesantren Hubulo, Al -Falah, lulusan Al Khairaat serta santri perorangan.

Yasin Usma Dilo menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dari F-PKS DPR RI yang di laksanakan dari pusat hingga ke daerah yang bertujuan agar masyarakat khususnya para santri mau belajar kitab yang berasal dari rujukan aslinya.

"Lomba yang dilaksanakan selama sehari ini melibatkan para dewan juri yang benar-benar menguasai kitab kuning yang di Ketuai KH. Muin Mooduto dengan kitab yang digunakan adalah Fathul Mu'in," Sambungnya.

Yasin menegaskan, PKS sebagai partai politik tidak hanya konsen pada agenda-agenda politik tapi juga memberikan perhatian besar agar pengetahuan dan budaya-budaya islam bisa terinternalisasi kedalam seluruh kegiatan partai.

Utamanya ia berharap melalui lomba ini bisa menjadi tradisi dan membudaya terhadap seluruh pesantren serta santri yang ada di Provinsi Gorontalo. 

"Dan kami (PKS) berharap ini menjadi trigger atau memotivasi sehingga dapat memberikan semangat kepada pesantren agar menjadikan tradisi keislaman yaitu membaca kitab dari aslinya dan tidak hanya satu kitab saja tapi juga yang lainnya,"Tandas Yasin.

Adapun pemenang lomba baca kitab kuning tingkat provinsi gorontalo, Juara I Jundullah Almudatsir, Juara II Iksan Mutalib, dan Juara III Muh. Natsir H Igirisa. Juara pertama dari lomba ini akan mewakili Provinsi Gorontalo pada lomba di tingkat Nasional.***