Evaluasi Program Dikbud, Nelson Pomalingo Minta Para Guru Kuasai ITE Dan Menjadi Inspirasi Siswa

Evaluasi Program Dikbud, Nelson Pomalingo Minta Para Guru Kuasai ITE Dan Menjadi Inspirasi Siswa

GOSULUT.ID - Untuk memastikan penerapan norma perilaku baru atau new normal di setiap instansi dilingkungan Pemerintah Daerah, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo datangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gorontalo.

Selain melakukan pengecekan kesiapan Norma Prilaku Baru, Bupati Gorontalo juga melakukan evaluasi program di Dikbud. Senin, 29/06/2020.

Lewat kesempatan itu, Prof. Nelson Pomalingo menyampaikan, dalam rangka meilhat norma perliaku baru sekaligus mengevaluasi program karena sudah bulan juni, tinggal 6 bulan lagi selesai tahun 2020.

" Allhamdulillah, berkembang bagus, termasuk kaitannya dengan pembukaan sekolah pada tahun ajaran baru yang harus kira siapkan dengan baik, " ujarnya.

Selanjutnya, dirinya menjelaskan yang perlu ditekankan. Yang pertama meningkatkan fasilitas di lingkungan sekolah namun menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

" Maka bagaimana optimalisasinya yaitu sekolah tertata baik, bersih menyenangkan dan seterusnya," tandas Nelson.

Lebih lanjut, Nelson menambahkan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga pendidik melalui penguasaan teknologi informasi (IT) harus dilakukan.

" SDM guru-guru dengan pandemi ini, dia menjadi contoh termasuk dalam penggunaan ITE. Namun, masih banyak tenaga pendidik yang belum menguasai IT sehingga ini masih menjadi kendala dalam memberikan pembelajaran daring kepada anak didik, apalagi di tengah pandemi kita dituntut untuk memanfaatkan digitalisasi, " ungkapnya.

Jadi, kata Nelson, kalau ada guru yang tidak bisa ITE, akan dipindahkan ke daerah terpencil yang tidak ada akses internet.

" Kalau ada guru yang tidak mau belajar soal itu pindahkan ke daerah terpencil.
Harus ada yang mengembangkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Karena guru menjadi inspirasi bagi anak-anak,"tuturnya.***

EDITOR : ALWIN IBRAHIM