Erwin Beri Solusi Membludaknya Sampah di TPA Talumelito 

Erwin Beri Solusi Membludaknya Sampah di TPA Talumelito 

GOSULUT.ID - Saat ini daya tampung sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talumelito sangat mengkhawatirkan. Daya Tampung pada 4 Selter yang digunakan selama ini sudah sangat sesak dengan 120 ton sampah yang harus diterima setiap harinya dari Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

Kondisi ini mendorong DPRD Provinsi Gorontalo menggelar rapat gabungan antara Komisi 2 dan 3 bersama stakeholder terkait selain dari pemerintah provinsi, juga turut menghadirkan Instansi terkait dari kabupaten kota, Senin (21/11/2022).

Sekretaris Komisi 3, Erwin Ismail menegaskan, pengolahan sampah dengan sistem menimbun lama kelamaan akan membuat TPA itu tidak akan mampu lagi.

"Kalau skemanya masih seperti itu, 1 atau 2 tahun ini depan, TPA tidak akan mampu lagi," ujarnya.

Menurut Ketua DPW Partai Demokrat Provinsi Gorontalo itu, ada beberapa opsi atau pilihan yang dapat ditempuh sebagai solusi untuk mengantisipasi semakin membludaknya sampah di TPA tersebut. 

"Yaitu kita bisa libatkan pihak ketiga dengan mengundang pihak ketiga seperti yang dilakukan oleh pemerintah terhadap pengembangan RSUD Hasrie Ainun Habibie sehingga kita bisa menghemat APBD. Atau bisa juga seperti itu tapi kita meminta desain engineering, seperti apa. Upaya ini kita tempuh supaya kita tidak terus menerus membangun Selter/pembuangan baru lagi jadi anggarannya dari APBN melalui Balai terkait tidak sia-sia," jelasnya.

Erwin berharap dinas lingkungan hidup kabupaten kota dapat membawa hasil rapat itu ke daerahnya dan menginformasikannya serta dibahas secara komprehensif bersama kepala daerah dan OPD terkait setempat.

"Kalau nanti masyarakat dibebankan dengan dipungut biaya itu akan seperti apa. Kita juga menghimbau masyarakat agar lebih bijak dalam mengurangi sampah-sampah yang dapat menimbulkan efek atau dampak lingkungan hidup kedepan," tutupnya.