Ekonomi Bank Sampah, Prof.Nelson Pomalingo : Puji Mahasiswa Dan Pemerintah Kelurahan Di Gerakan Kamber Di 27 Titik

Ekonomi Bank Sampah,  Prof.Nelson Pomalingo : Puji Mahasiswa Dan Pemerintah Kelurahan Di Gerakan Kamber Di 27 Titik

Liputan Wartawan : Alwin Ibrahim

Editor : Mnunu Tangguda

 

GoSlut.ID -Limboto - Sangat menarik kegiatan Kambungu Beresi (Kambers) yang di hadiri oleh Bupati Prof.Nelson Pomalingo, Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb, Asisten III, Hend Restu, Asisten I, Selmin Papeo, OPD beserta Panglima Kambers, Sugandi Hamzah dan Masyarakat, Para Mahasiswa UGM, UMGO dan UNG.

Setelah penanaman pohon di bantaran sungai di Kelurahan Kayumerah dan melakukan kebersihan lingkungan bersama pekerja sosial yang tergabung di dalam Komunitas Kambers, yang sudah 4 tahun bersama pemerintah Prof Nelson Pomalingo.

Tapi hari ini dalam kegiatan Kambers, kembali pemerintah Kelurahan Kayumerah berkolaborasi dengan mahasiswa KKN yang ada dari UGM, UMGO dan UNG, guna meminalasir sampah yang berserakan di mana mana.

Maka aparat desa Kelurahan Kayumerah kolaborasi dengan mahasiswa KKN, lakukan Launching Program Gerai Tukar Sampah dan Peresmian Bank Sampah ”Permata” Kelurahan Kayumerah Kecamatan Limboto oleh Prof Nelson Pomalingo, minggu (14/07).

Dalam sambutan-nya Bupati Gorontalo, Prof.Nelson Pomalingo saat melaunching Program Gerai Tukar Sampah dan Peresmian Bank Sampah “Permata” itu sangat mengapresiasi cara berpikir pemerintah Kelurahan Kayumerah.

” Karena pemenang kehidupan di era persaingan global seperti ini, hanya orang yang mampu membangun kerjasama, maka mereka sebagai  pemenang. Hal ini merupakan inspirasi yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan pemerintah, sabagai kaca kuncinya,”Sambungnya.

 

Prof.Nelson Pomalingo menambahkan, bicara lingkungan tidak hanya bicara ekologi namun juga ekonomi.

“Hari ini sampah akan bernilai ekonomis, bicara ekologi bicara ekonomi,”Tambahnya.

Sang Profesor berharap, model ini agar bisa diadopsi di kelurahan dan desa lain di Kabupaten Gorontalo.

”Kalau ini terjadi, maka timbulnya sebuah penyakit sudah semakin berkurang, sebab kebersihan terus terjaga tanpa sampah berserakan. Yang ada hanya keindahan dan lingkungan akan menjadi hijau serta masyarakat sekitar akan sehat,” ujar Prof.Nelson Pomalingo.

Intinya gerakan Bank Sampah maupun gerai sampah sangat bermanfaat bagi ekonomi rakyat, jika di kelola.

”Bukan saja kepentingan program kerja mahasiswa tapi kepentingan masyarakat yang didapat,”jelas Sang Profesor.

Paling menarik lagi, aparat kelurahan dan mahasiswa KKN dengan menuangkan program kerja Restorasi Sungai.

”Prof.Nelson Pomalingo berharap pada mahasiswa KKN, agar program restorasi sungai di biyonga yang membelah Ibukota Kabupaten Gorontalo sukses. Akar masalahnya terus dicarikan solusi,” tegas Sang Profesor.

Program restorasi sungai ini diakhir KKN akan kita evaluasi bersama, sehingga akhir KKN sungai ini jadi bersih dan lingkungannya sehat.

”Setidaknya di bulan Agustus 2019 bersama mahasiswa, masyarakat, pemerintah dan pencinta lingkungan yang ada di Komunitas Kambers. Mari bergandengan tangan menjadikan Bentaran sungai Biyongo - Kayumerah dan Kayubulan yang membelah ibukota akan ada jalan setapak bisa di lalui,” harap seorang Profesor yang saat ini sebagai Bupati Kabupaten Gorontalo.***