Dukungan BI Gorontalo Terhadap Sektor Ini Berbuah Prestasi

Dukungan BI Gorontalo Terhadap Sektor Ini Berbuah Prestasi

GOSULUT.ID - Sebagai salah satu penopang utama perekonomian daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo terus mendorong sektor rill dari sisi UMKM dan Pariwisata.

"Berkat sinergi dengan seluruh stakeholder terkait, kita berhasil menorehkan pariwisata baik di tingkat nasional dan internasional. UMKM Karawo Gorontalo pada tahun 2021 sukses berpartisipasi dalam fashion show Introducing Indonesia : A Hybrid Fashion Event di Turki (7-8 April 2021) dan bahkan diborong langsung oleh Madam Emine Erdogan," Ungkap Kepala KPwBI Provinsi Gorontalo Budi Widihartanto, Kamis (28/1/2022).

Ia menuturkan, di bidang pertanian, UMKM Gorontalo sukses menyabet gelar sebagai UMKM Klaster Ketahanan Pangan Terbaik dalam rangka mendukung pengendalian inflasi subsektor tanaman pangan klaster padi organik pada PTBI 2021 yaitu Kelompok Tani Lamuta III.

Kemudian di sektor pariwisata, destinasi Wisata Religi Bubohu Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, yang berhasil meraih gelar juara kedua nasional kategori Desa Wisata Berkembang pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. 

"Prestasi tersebut sangat spesial mengingat ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari 34 provinsi," Imbuh Budi.

Dalam mendukung ekosistem Ekonomi dan Keuangan Digital, Bank Indonesia bersinergi dengan Pemda untuk mendorong elektronifikasi dan digitalisasi sistem pembayaran baik di lingkungan pemerintahan, retail, tempat ibadah, dan sekolah. Kerja sama tersebut membuahkan hasil yang sangat baik dimana capaian QRIS Gorontalo pada tahun 2021 dapat jauh melebihi target yang ditetapkan, bahkan menduduki peringkat pertama di wilayah Sulawesi dan peringkat kedua di wilayah Sulampua.

"Suatu prestasi yang patut kita syukuri. Penyelenggaraan elektronifikasi transaksi pemerintah di Pemkab Bone Bolango juga menjadi salah satu rujukan best practice di tingkat nasional," Lanjutnya.  

Lebih lanjut dikatakan, beberapa waktu yang lalu, Bank Indonesia bersinergi dengan seluruh Pemda di Gorontalo berhasil menyelenggarakan Webinar Otanaha yang juga langsung dihadiri oleh Menteri Koordinasi Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto. 

"Webinar tersebut diselenggarakan sebagai media untuk mengenalkan berbagai transformasi digital dan elektronifikasi sistem pembayaran baik melalui QRIS, kelembagaan P2DD, event FEKDI," Tandasnya.