Dukung Optimalisasi Jamsostek, Pemkot Gorontalo Keluarkan Sejumlah Regulasi

Dukung Optimalisasi Jamsostek, Pemkot Gorontalo Keluarkan Sejumlah Regulasi

GOSULUT.ID - Dalam mendukung Optimalisasi Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) di Kota Gorontalo, Pemkot mengeluarkan sejumlah regulasi.

Di antaranya pertama, Surat Edaran (SE) Nomor 560/Nakerkop dan UKM/520/2017, tentang pelaksanaan sistem jaminan sosial pada jasa konstruksi.

Kedua, Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 13 Tahun 2019, tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga penunjang kegiatan daerah dan pekerja informal di Kota Gorontalo.

Ketiga, instruksi wali kota Nomor 560/Disnakerkop dan UKM/594/X/2020, tentang pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kota Gorontalo.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, melalui Rapat Monev Inpres No. 02 Tahun 2021 berharap, optimalisasi Jamsostek dapat memberikan nilai lebih bagi Pemda lewat berbagai penghargaan yang akan diterima.

"Penghargaan itu di antaranya Paritrana Award. Nominasi ini, bukan tujuan utama Pemkot Gorontalo, akan tetapi tujuannya ialah bagaimana seluruh masyarakat di Kota Gorontalo, dapat terlindungi dengan Jamsostek," tuturnya, Jumat (24/6/2022).

Lanjutnya, dengan adanya Jamsostek di Kota Gorontalo, dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja formal maupun informal.

Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pimpinan OPD di Kota Gorontalo, agar dapat memaksimalkan perannya dalam mengoptimalkan program Jamsostek.

"Karena manfaat dari program Jamsostek ini, telah terbukti dengan nyata. Untuk itu melalui Rapat Monev ini, saya mengharapkan agar seluruh ASN di Kota Gorontalo, dapat terlindungi melalui wadah Korpri," kata Marten.

Keterikutan ASN melalui wadah Korpri ini imbuh Marten, menjadi suplemen tambahan ketika mengalami resiko dalam bekerja.

"Maka dari itu saya mengharapkan, agar Ketua Korpri Kota Gorontalo, terus mengevaluasi OPD yang belum terdaftar pada program Jamsostek," imbuhnya.

Dirinya juga berpesan kepada dinas koperasi dan UKM, untuk terus melakukan terobosan terkait inovasi-inovasi optimalisasi Jamsostek di Kota Gorontalo.***