Drs. Selmin Papeo Resmi Lantik FKPM, Kasat Binmas Supriyadi : FKPM Harus Jadi Panutan

Drs. Selmin Papeo Resmi Lantik FKPM, Kasat Binmas Supriyadi : FKPM Harus Jadi Panutan

GOSULUT.ID - KOTA LIMBOTO - Staf ahli bidang Pemerintahan, Drs. Selmin Papeo hadiri kegiatan pelantikan anggota FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di aula kantor Camat Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Kamis (9/1/2020).

Kegiatan ini berlangsung Pukul 09.15 Wita yang di hadiri seluruh tokoh masyarakat dan anggota FKPM serta Kepala Desa Se- Kecamatan Telaga Biru, Kapolsek Telaga Biru, Kasat Binmas Polres Gorontalo.

Lewat kesempatan ini, Staf ahli Bupati bidang Pemerintahan Drs. Selmin Papeo menjelaskan, adapun yang menginisiasi kegiatan itu adalah jajaran Polres Gorontalo.

" Jajaran polres gorontalo melaksanakan kegiatan pelantikan dan pengukuhan forum kemitraan polisi dan masyarakat. Hari ini saya mewakili bupati mengukuhkan dan melantik forum kemitraan kepolisian dalam kaitannya dengan masalah-masalah penanggulangan kamtibmas di masing-masing desa," jelas Selmin Papeo.

Forum kemitraan ini, kata Selmin di isi oleh beberapa tokoh masyarakat yang ada di masing-masing desa di wilayah Kecamatan Telaga Biru.

"Didalam-nya ada tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, yang diharapkan kepada wadah ini menjadi bagian tidak terpisahkan untuk menyelesaikan segala sengketa di tengah-tengah masyarakat tanpa harus di polsek ataupun kepolres sehingga penyelesaianya ada di tingkat desa," kata Selmin Papeo.

Ia berharap usai di lantik dan dikukuhkanya forum kemitraan itu, langsung bisa berkolaborasi dengan aparat kepolisian yang ada di Desa.

" Berharap setelah pengukuhan ini teman teman forum kemitraan polisi ini langsung beraktivitas dan bisa menjadi mitra yang akan melaksanakan dan membantu tugas-tugas pokok kepolisian di tengah tengah masyarakatm," harap Selmin Papeo.

Ditempat yang sama, Kapolres Gorontalo lewat Kasat Binmas Supriyadi mengungkapkan, tujuan di bentuknya FKPM itu untuk meminimalisir masalah-masalah yang sifatnya ringan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

" Dengan adanya FKPM ini kita dibantu dalam pelaksanaan tugas di desa untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang sifatnya ringan maupun permasalahan sosial, sehingga nanti dalam pelaksanaan tersebut akan dikoordinir oleh para babinkamtibmas dalam penyelesaian permasalahan," ujar Supriyadi saat di wawancarai oleh awak media

FKPM ini, kata Supriyadi sudah disosialisasikan beberapa minggu sebelumnya, dan peran dari FKPM sendiri sangat di harapkan untuk menjadi panutan dan teladan di setiap desa yang ada.

" Peran FKPM itu bisa menjadi panutan atau teladan di masyarakat, jangan sampai hanya menjadi pembuat kegaduhan atau permasalahan di desa tersebut. Dan di wilayah Kabupaten Gorontalo sendiri sudah 8 kecamatan yang kita bentuk, dan prioritas desa-desa yang jauh jangkauannya untuk melapor ke polsek, maka permasalahan yang sifatnya kecil bisa di selesaikan di desa itu," tegas Supriyadi.

Hal senada di ucapkan Camat Syaiful Hippy, dengan adanya FKPM, Babinsa dan Babinkamtibmas akan menjadi 3 pilar kuat yang ada di Desa.

" Maka forum kemitraan polisi dan masyarakat dapat membantu kamtibmas di wilayah kecamatan maupun di desa-desa. Nantinya keberadaan tiga pilar dapat meminimalisir masalah-masalah yang ada di wilayah kita tempati ini," ucap Syaiful Hippy.***

Editor : Alwin Ibrahim