DR. dr. H. Muhammad Isman Jusuf Menjadi Khotib Idul Fitri Di Masjid Agung Baiturrahman Limboto

DR. dr. H. Muhammad Isman Jusuf Menjadi Khotib Idul Fitri Di Masjid Agung Baiturrahman Limboto

Laporan Wartawan : Alwin Ibrahim 

Editor : Mnunu Tangguda

 

GoSulut.ID - Limboto - Bupati Nelson Pomalingo dengan keluarga serta seluruh unsur unsur OPD dan unsur muspida Kabupaten Gorontalo melaksanakan Sholat Idul Fitri di masjid Agung Baiturrahman Limboto, Rabu (05/06/19).

Bertindak sebagai khotib Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo), DR. dr. H. Muhammad Isman Jusuf, Cadangan khotib Dr. Sofyan Kau, Imam H. Karim Busalo, cadangan Imam H. Djafar Lanur, Ta mopolili Hasan Abuya, Ta Mohudu Tunggudu abdulah Jahidi, Ta mohama Wumbato Abdul Rahman Taliabu, Ta moloduwo Simon Busalo.

Dalam Khotbah-nya, Rektor UMGo Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf menyampaikan, Tema khutbah "Merajut Silaturahmi Membangun Ukhuwah,".

Diuraikan tentang pentingnya menjalin silaturahmi dalam mewujudkan 3 bentuk ukhuwah yaitu ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basariyah.

Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf menuturkan, Idul fitri dimaknai sebagai kembalinya manusia kepada fitrahnya yang suci dari dosa dan kesalahan. Olehnya kesucian yang telah diraih pasca ramadhan harus dipertahankan sejak dari bulan syawal sampai 11 bulan kedepan.

”Kefitrahan yang sudah diraih lebih disempurnakan lagi dengan bersilaturahmi dan saling memaafkan. Dengan demikian orang yang beridul fitri pada hakekatnya memiliki 2 jenis kesalehan yaitu kesalehan spiritual dan kesalehan sosial,” ucap Muhammad Isman Jusuf .

Selaku khatib kali ini adalah rektor UMGo, sangat mengharapkan masyarakat Kabupaten Gorontalo, dapat mengaktualisasikan nilai-nilai ibadah dan amaliah yang telah mereka dapatkan selama ramadhan dalam bentuk implementasi nyata sesuai tupoksi masing-masing.

”Di harapkan jalinan silaturahmi terus ditingkatkan serta semangat persaudaraan dan ukhuwah senantiasa dibina, sehingga dapat berkontribusi positif dalam mewujudkan pembangunan kabupaten Gorontalo Gemilang,” kata Dr. dr. H. Muhammad Isman Jusuf.***