DPRD Provinsi Gorontalo Menyetujui APBD 2021

DPRD Provinsi Gorontalo Menyetujui APBD 2021

GOSULUT.ID - DPRD Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat dua terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2021, Selasa (10/11/2020)

Paripurna yang k-38 ini dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Gorontalo DR. Drs. Paris R.A Jusuf S.Sos.I, M.Si dan dihadiri langsung Gubernur, Wakil Gubenur, Sekertaris Daerah, dan OPD.

Sekertaris Badan Anggaran terlebih dahulu menyampaikan laporan Badan Anggaran terhadap pembahasan Ranperda tentang APBD Provinsi Gorontalo tahun 2021.

Paris R.A Jusuf mengungkapkan, setelah menyimak penyampaian laporan badan anggaran yang berisi proses pembahasan, pendapat fraksi dan hasil pembicaraan yang dilakukan bersama Kepala Daerah atau yang mewakili yakni Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Gorontalo.

"Badan Anggaran dan seluruh fraksi (7 fraksi) DPRD, telah menerima dan menyetujui Ranperda tentang APBD Provinsi Gorontalo Tahun Anggaran 2021," ujarnya saat memimpin sidang.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai APBD tahun 2021 mengalami pengurangan. Banyak program yang terpaksa harus ditunda atau dikurangi volumenya sebab kondisi keuangan negara ikut berdampak ke Provinsi Gorontalo.

Berkurangnya anggaran daerah diakui RH, sangat berpengaruh untuk program program kerakyatan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Saat APBD tekor hampir Rp300 miliar dari biasanya, ada tuntutan bagi Pemprov Gorontalo menekan kemiskinan yang masih 15,23 persen.

“Saya terus memonitor perkembangan yang dilaporkan teman-teman DPRD maupun TAPD. Ini mengindikasikan bahwa kita semua, termasuk anggota DPRD yang mewakili fraksi di badan anggaran, sangat memahami kondisi rakyat Gorontalo,”lanjutnya

Ia menambahkan, sangat dibutuhkan kerelaan anggota DPRD memangkas biaya operasional dewan sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah. Salah satunya memangkas biaya perjalanan dinas untuk dialokasikan penanganan covid-19.

"Saya sampaikan terima kasih 45 anggota DPRD Provinsi Gorontalo yang sudah menerima dan menyetujui Ranperda APBD 2021," pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman