Dihadiri Wagub, Dispan Salurkan Beras CPPD Kepada Warga di Kecamatan Tilango

Dihadiri Wagub, Dispan  Salurkan Beras CPPD Kepada Warga di Kecamatan Tilango

GOSULUT.ID - Dinas Pangan (Dispan) Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah Daerah (CPPD) Provinsi Gorontalo. Kamis (21/10/2021).

Penyaluran beras berikan langsung Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim Kepala Dinas Pangan Sutrisno, Sekretaris Kecamatan Tilango, terhadap warga yang berada di tiga desa yang terdampak banjir danau limboto yakni, Desa Tualango, Tilote, dan Tualango.

Wagub menyampaikan, dengan curah hujan tinggi akhir-akhir ini telah mengakibatkan luapan air danau limboto naik sehingg menimbulkan banjir dan berdampak terhadap masyarakat.

"Disinilah pemerintah hadir untuk melindungi sekaligus memberikan bantuan bagi warga terdampak banjir agar dapat meringankan beban yang dirasakan. Semoga bantuan beras ini dapat membantu situasi yang dhadapi bapak ibu sekalian," Sambungnya.

Ia juga menegaskan, secara rutin anggaran untuk revitalisasi danau limboto dikucurkan untuk mencegah endapan atau sedimen yang setiap saatnya terbawa oleh aliran 23 anak sungai.

"Danau limboto yang sebelumnya luasnya mencapai 7000 meter dengan kedalaman lebih dari 20 meter, saat ini tinggal 3000 meter dengan kedalaman tinggal 1,5 sampai 2 meter. Saya juga berharap dan menghimbau warga sekitarnya dapat turut membantu membersihkan goceng gondok yang ada diatas danau," Imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan, Sutrisno menjelaskan, kegiatan sosial untuk membantu masyarakat tersebut merupakan satu rangkaian dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS).

Terutama mengantisipasi krisis pangan khususnya bagi masyarakat pasca terjadinya bencana banjir dengan kualitas beras medium dan menyehatkan, sekaligus pelaksanaan vaksinasi sebagai dukungan dalam mempercepat capaian vaksinasi serta meningkatkan herd imunity di provinsi gorontalo.

"Berbagai kegiatan telah dan sementara kami lakukan, salah satunya menyalurkan Bantuan beras CPPD kepada 160 Kepala keluarga di tiga desa, sekaligus vaksinasi terhadap warga, serta mengadakan sembako murah dengan harga distributor," Terang Sutrisno.