Diduga Limbah Sawit PT. ASS Meresahkan Warga, Faizal Lamakaraka : Semua Kembali Pada DLH Boalemo

Diduga Limbah Sawit PT. ASS Meresahkan Warga, Faizal Lamakaraka : Semua Kembali Pada DLH Boalemo

GOSULUT.ID – GORONTALO – Guna menindak lanjuti laporan masyarakat tentang Limbah Sawit yang diduga di lakukan oleh PT Argo Arta Surya (ASS) meresahkan masyarakat Wonosari Boalemo, Jumat (10/1/2020).    

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo melakukan peninjauan langsung di PT Argo Arta Surya (AAS) di Wonosari Boalemo.

Kadis DLHK Provinsi Gorontalo Faizal Lamakaraka mengatakan, sebetulnya semua ini menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Boalemo, tapi masyarakat sudah mengadu disini mengenai dugaan pencemaran limbah kelapa sawit PT AAS ke Sungai. Maka DLHK Provinsi Gorontalo, Dinas Pertanian serta Unsur Kepolisian berkordinasi dengan DLH Kabupaten Boalemo.

"Karena kewenangan ada di DLH Boalemo, tetapi keluhan warga setempat. Kami membentuk tim bersama-sama dengan DLH Boalemo, kita semua turun langsung ke lokasi, "Sambungnya.

Menurut Faizal Lamakaraka saat tim mengecek ternyata memang benar sistem pengolahan limbah di PT AAS kurang baik.

" Terdapat kebocoran pada pipa yang telah mengalir ke sungai. Hal itu membuat warga sekitar kurang nyaman," kata Faizal Lamakaraka pada awak media di ruang kerja-nya.

Untuk itu, DLH Kabupaten Boalemo dapat menindak lanjuti temuan tersebut dan mendesak Perusahan Sawit segera memperbaiki sistem pengolahan limbahnya.

"Pengelolah perusahan tidak berada di lokasi saat Tim melakukan peninjauan, maka kami mendorong Pihak DLH Boalemo agar lebih aktif lagi dalam menangani masalah ini," ucap Faizal Lamakaraka.

Sampai berita di turunkan belum ada keterangan resmi dari DLH Boalemo dan PT.ASS terkait semua permasalahan yang sangat meresahkan warga.***

Editor : Mnunu Tangguda