Di Balik Penghargaan Ada 30 Orang Gila Memiliki Usaha

Di Balik Penghargaan  Ada 30 Orang Gila Memiliki Usaha

GoSulut.Id –Limboto - Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial ( SLKS) dari Presdien Republik Indonesia Joko Widodo yang diserahkan Menteri Sosial RI,Agus Gumiwang Kartasasmita pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN ) Di Lapangan Sport Center Limboto, Kabupaten Gorontalo, (20/12).Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial, membuktikan bahwa Bupati Nelson Pomalingo, terus mendorong peningkatan anggaran terhadap penanganan penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di daerah ini.

Mantan Rektor Universitas Muhamadiyah Gorontalo Prof Nelson Pomalingo,  dinilai memberikan hak yang sama pada para defabel, dimana pengangkatan Disabilitas untuk jadi pegawai kontrak/honorer d ilingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo sesuai dengan  keahliannya.

Kemudian, Indikator lainnya, tingkat kedekatannya dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), walaupun dimana pun tempat penyerahan bantuan, bupati selalu hadir di tengah-tengah para penerima bantuan tersebut.

Mantan Rektor yang sekarang duduk sebagai Bupati Gorontalo, dinilai sebagai pemimpin yang kepedulian terhadap kaum lansia begitu besar.

Secara berkelanjutan di sentuh dengan berbagai bantuan, berupa sembako atau bedah rumah / bedah kamar lansia, termasuk kepedulian terhadap panti-panti sosial yang berada di wilayah kabupaten Gorontalo. Bahkan Bupati Nelson Poamalingo, terus memberikan bantuan  fisik maupun non fisik, sehingga para penghuni panti tersebut merasa nyaman.

Demikian beberapa barometer penilian, sehingga mendapat penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial ( SLKS) dari Presdien Republik Indonesia Joko Widodo.

Secara terpisah Mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof Nelson Pomalingo mengatakan, penghargaan ini merupakan, sebuah penghargaan tertinggi dari Kementerian Sosial berdasarkan  Surat Keputusan Presiden langsung dalam hal tersebut.

"Karena, mereka menilai, apa yang dilakukan di Kabupaten Gorontalo tepat sasaran, sebab menyentuh kebutuhan masyarakat sangatlah merata" Ungkap Bupati Nelson ditemui usai menerima penghargaan itu.

Menurut Bupati Nelson Pomalingo, perhatian pemerintah Kabupaten Gorontalo, bukan saja memberikan hak pada anak-anak atau dewasa  dan  orang waras, tapi bentuk perhatian diberikan juga  bagi sampai pada kalangan Orang Gila.

"Kita urus dan perhatikan mereka sampai kembali pulih, setelah pulih, mereka disibukan dengan jenis usaha yang digelutinya yang di berikan pemerintah" Kata Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Yudhi Ekuwanto menerangkan bahwa Anggaran untuk mengurus orang gila pemerintah Kabupaten Gorontalo kolaborasikan dengan anggaran bantuan dari kementerian sosial yang sudah dimulai dari tahun 2017 hingga sekarang tahun 2018

"Kita sudah berhasil membantu jenis usaha mereka yang sudah sadar sebagai jaminan hidup, kurang lebih 30 orang dan program ini akan berlanjut tahun 2019," Terang Yudhi diwawancarai secara terpisah. (Ih-04-gs)