Deprov Siap Suport Pengembangan Wisata di Gorontalo Utara

Deprov Siap Suport Pengembangan Wisata di Gorontalo Utara

GOSULUT.ID - DPRD Provinsi Gorontalo siap mendukung kebijakan pemerintah Provinsi Gorontalo yang memberikan perhatian dan bantuan dalam rangka pengembangan pariwisata di Kabupaten Gorontalo Utara.

Ketua DPRD, Paris Yusuf menyampaikan, dirinya bersama rekan-rekan anggota dewan akan mengsuport kebijakan-kebijakan khususnya di bidang pariwisata.

"Saya atas nama lembaga siap mendukung dan mengsuport terutama dalam hal kebijakan anggaran agar pengelolaan dan pengembangan pariwisata khususnya di Kabupaten Gorontalo semakin baik dan meningkat," ungkapnya pada pertemuan dalam rangka Pengelolaan dan pengembangan Obyek Wisata yang berkualitas dan berkelanjutan bersama Gubernur Gorontalo, Kabinda, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Bupati Gorontalo Utara, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Pariwisata, serta mitra terkait, Sabtu (16/01/2021).

Paris menegaskan, perhatian dan bantuan oleh pemerintah provinsi harus didukung oleh seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten tersebut dengan tetap memperhatikan aturan dan regulasi-regulasi yang ada.

Ia juga meminta peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk lebih dimaksimalkan dengan melibatkan peran generasi muda yang ada di wilayah dimana obyek-obyek wisata berada.

"Sebaiknya Bumdes juga perlu melibatkan peran dari para pemuda di desa seperti Karang Taruna, rema muda atau pemuda mesjid agar badan usaha tersebut tetap hidup dan inovatif dengan adanya peran semua pihak, sehingga Bumdes tidak menjadi badan usaha mati di desa" ujarnya.

Terkait regulasi terhadap pembanguan dan pengembangan obyek wisata harus telah melalui pembahasan dan kajian bersama agar tidak bermasalah di kemudian hari, termasuk dengan memperhatikan kebijakan Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW).

"Saya harap nantinya ada RTRW dari Pemda Gorut bisa bersinggungan dengan RTRW dari Pemerintah provinsi terkait masalah pulau-pulau," tegas aleg Golkar ini.

Editor: Harso Utiarahman