Bupati Prof Nelson Pomalingo Menjadi Inovasi Baru Bagi Wartawan Di HPN Surabaya

Bupati Prof Nelson Pomalingo Menjadi Inovasi Baru Bagi Wartawan Di HPN Surabaya

Laporan Wartawan www.gosulut.id, Jaringan Berita SMSI

 

 

GoSulut.Id – Surabaya -  Bupati Prof Nelson Pomalingo memberikan warna baru dalam Seminar Nasional di Surabaya Jawa Timur. Kehadiran sosok yang sangat dekat dengan para jurnalis di daerah, karena kecerdasan emosional-nya serta cara pandangnya dalam menghadapi para kulitinta, sehingga memukau para wartawan dari berbagai penjuru nusantara, saat Profesor Nelson Pomalingo membawakan tema ‘Jurnalisme Kemaritiman di Era Revolusi 4.0’ yang dilaksanakan di Hotel JW Marriot Di HPN Surabaya.

Dalam Seminar Nasional itu, Bupati Gorontalo berada bersama nara sumber lainnya, seperti DR. Agus Sudibyo, Anggota Dewan Pers, Dr. Jony Oktavian Haryanto, S.E., M.M., M.A. Rektor President University Kabupaten Bekasi, dan Markus Suaran, Bupati Kabupaten Manokowari Selatan, dengan moderator Dr. Rajab Ritonga.

Dalam pemaparan-nya Prof Nelson Pomalingo menyatakan, peran jurnalis sangat penting bagi kemajuan bangsa ini, sebab dapat memberikan sebuah pencerahan bagi masyarakat, disamping itu sebagai kotrol dan penyemangat pembangunan.

“Maka setiap Kepala SKPD dan ASN di bawah pemerintahan Saya, hukum-nya wajib, terus mengamati perkembangan pemberitaan di media massa setiap hari, karena disitu kita  akan mendapat berbagai informasi penting dan menjadi masukan sebagai bahan koreksi untuk  kemajuan daerah ” Jelas Neslon Pomalingo

Apalagi ada-nya perkembangan teknologi yang berdampak pada munculnya media siber yang menjamur hingga ketingkat daerah, namun dirinya telah melakukan seleksi pada setiap perusahan pers untuk wajib menggunakan legalitas Perusahan Terbatas (PT).

Bila berbicara mengenai potensi Maritim di daerah, pesisir pantai di kabupaten Gorontalo melintasi 3 kecamatan dan terdapat Danau Limboto ditengah wilayah perkotaan Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson Pomalingo memberikan solusi terkait dengan pengelolaan masa depan daerah. Dengan cara mengelola dan menjaga potensi laut, agar menjadi daya tarik bagi siapa saja, sehingga membutuh-kan peran semua pihak untuk menjaga-nya.

”Berdaulat di laut untuk mencegah pencurian ikan, konservasi untuk menjaga produktivitas, meningkatkan indikator ekonomi perikanan, dengan target meningkatkan produksi ikan, ekspor meningkat yang berdampak pada tingkat konsumsi masyarakat,” Jelas Neslon Pomalingo.

Dalam amanahnya Auri Jaya sebagai Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia, saat membuka Seminar Nasional tersebut mengharapkan, kehadiran Prof Nelson Pomalingo dalam pokok pikiran-nya dalam rangkayan kegiatan HPN Surabaya, dapat munculnya inovasi baru untuk penguatan profesi wartawan di tanah air.

Seminar HPN Surabaya kali ini, peserta merasa puas adanya pemaparan dari nara sumber, sehingga banyak pertanyaan yang disampaikan terhadap Bupati Gorontalo dan Bupati Manokowari Selatan, menjadi presentasi dari berbagai persoalan yang terjadi di daerah.***