Bupati Nelson Pomalingo Tutup Munas III AFEB Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se- Indonesia

Bupati Nelson Pomalingo Tutup Munas III AFEB Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se- Indonesia

GOSULUT.ID – Kota Limboto-, Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo, menutup secara resmi Musyawarah Nasional III Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEB), Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)  Se-Indonesia tahun 2019 di Pendopo rumah dinas Bupati Gorontalo,Sabtu (30/11/19).

Kegiatan itu diikuti  seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah se Indonesia,selama beberapa hari di gedung Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Yang diikuti  kurang lebih 26 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dari 174 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Indonesia.

Bupati Gorontalo, Hi. Nelson Pomalingo, dalam sambutan-nya, memaparkan kondisi wilayah Kabupaten Gorontalo. Secara historis daerah ini, sebagai daerah tertua dan penduduk terbanyak serta terluas dari kebupaten/kota yang ada di Provinsi Gorontalo.

Ia menilai, perkembangan perguruan tinggi di Provinsi Gorontalo, luar biasa,karena sebelum menjadi sebuah provinsi hanya ada 6 perguruan tinggi.  Sekarang sudah 19 perguruan tinggi, bahkan ada satu lagi baru lahir universitas bina mandiri dan tahun lalu lahir universitas Nahdatul Ulama yang ada di Kabupaten Gorontalo.

“ Nah, sebelum hanya 6 perguruan tinggi, sekarang sudah 20. Jika bibandingakan dengan provinsi-provinsi lain yang berkembang  perguruan tinggginya, disini sudah lebih besar padahal jumlah penduduknya sedikit,”Sambungnya.

Ia juga mengatakan, mahasiswa itu lebih banyak dari luar. Contoh, sewaktu dirinya pertama kali rektor di UNG, jumlah mahasiswa itu hanya 2500 dan setelah provinsi terbentuk sudah ada 21 ribu mahasiswa dan ini perkembangannya luar biasa.

”Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo, mencanangkan kalau dapat Gorontalo ini menjadi pusat pendidikan dibagian timur, Utara Indonesia. Karena itu, kami yang ada di Ibukota Limboto mencanangkan daerah Madinatul Ilmi atau Kota Ilmu,”Tambahnya.

Bupati Gorontalo, Hi.Nelson Pomalingo menjelaskan, hari ini Kabupaten Gorontalo terus mendorong pembangunan melalui tiga vilar. Yakni, Ilmu, agama dan budaya.

”Karena itu, Taman Budaya yang telah dibangun bertautan dengan ilmu agama dan budaya, yang merupakan bagian dikembangkan di daerah ini,” ucap Hi.Nelson Pomalingo dalam sambutan-nya di hadapan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.***