Bupati Nelson Pomalingo Targetkan 10.000 Rumah Dalam 5 Tahun, Sisa 9000 Tugas Pemimpin Kedepan

Bupati Nelson Pomalingo Targetkan 10.000 Rumah Dalam 5 Tahun, Sisa 9000 Tugas Pemimpin Kedepan

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID

Editor : Maman Ntoma - Ifan Ceper

 

 

 

GoSulut.Id - Dulohupa - Di Desa Dulohupo Kecamatan Telaga, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tangga Sasaran (RTS) hingga menyerahkan bantuan alat las bagi anak putus sekolah, senin (08/04/19).

Untuk diketahui, Kegiatan fisik desa dulohupa tahun 2019 bersumber dari dana desa tersebut untuk satu unit rumah RTS bernilai Rp 57 juta dan untuk bantuan alat las hingga pelaksanaan pelatihan bernilai Rp 19 juta.

Selain dua kegiatan fisik, desa Dulohupa juga menganggarkan 13 juta untuk pencetakan batako vaving blok bersumber dari Dana Desa Dulohupa tahun 2019.

Bupati Nelson dalam sambutannya mengatakan, bahwa ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam mengintervensi kemiskinan salah satunya pemenuhan tempat tinggal bagi masyarakat miskin. Saat ini, masyarakat Kabupaten Gorontalo yang masih membutuhkan rumah itu 19 ribu KK.

" Dari 19 ribu warga yang membutuhkan rumah, maka dalam lima tahun menjadi Bupati Kabupaten Gorontalo, akan mewujudkan 10 ribu unit Mahyani yang bersumber dari berbagai anggaran termasuk Dana Desa " kata Nelson Pomalingo.

Karena sesuai dokumen RPJMD, bahwa pembangunan rumah itu hanya 500 unit pertahun. namun, jumlah ini meningkat setiap tahun dengan melihat kebutuhan masyarakat.

Nelson Pomalingo menjelaskan, tahun 2016 - 500 unit rumah , tahun 2017 meningkat 1700 unit rumah dan tahun 2018 menjadi 2600 unit rumah dan untuk tahun 2019, jika tidak aral melintang bisa mencapai tiga ribuan termasuk sumber dana bantuan laur negeri.

" Maka jika lima tahun, dengan melihat jumlah sekarang akan terwujud 10 ribu rumah dan sisahnya 9 ribu rumah akan dilanjutkan bagi pemimpin baru di Kabupaten Gorontalo kedepan setelah saya " Jelas Nelson Pomalingo.

Bagi masyarakat yang telah mendapat rumah, segera merancang kehidupan masa depan yang ceria dan nyaman. Rumah sudah ada, maka yang akan dirancang bagaimana memiliki bidang usaha demi pingkatan kesejahteraan keluarga.

Dan khususnya, bagi penerima bantuan alat las, Nelson Pomalingo berharap, usaha ini dikembangkan dengan baik, pemerintah memberikan bantuan hanya sekali.

"Maka ini dirawat dan dijaga dengan baik untuk peningkatan ekonomi bagi kelompok penerima. Tapi, bukan hanya keterampilan yang diasah melalui usaha ini, melainkan kalau dapat dunia pendidikan dinomor satukan,” ucap Nelson Pomalingo.

Bagi siswa-siswa putus sekolah dan pastinya masih produktif.  Bagaimana mempunyai ijasah paket C dan mempunyai berbagai keterampilan, untuk masa depannya kelak.***