Bupati Nelson Pomalingo Resmikan Infrastuktur Jalan, Jaringan Irigasi, Jalan Rabat Beton, Peningkatan  Puskesmas Hingga Mahyani

Bupati Nelson Pomalingo Resmikan Infrastuktur Jalan, Jaringan Irigasi, Jalan Rabat Beton, Peningkatan  Puskesmas Hingga Mahyani

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Jaringan Berita SMSI

Editor : Mnunu Tangguda - Ifan Ceper

 

 

 

GoSulut.Id -Limboto- Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo, dihari libur melakukan blusukan di Kecamatan Limboto Barat. Pada program blusukan kali ini, Bupati Nelson Pomalingo bersama Sekda Hadijah U Tayeb, hingga Pimpinan OPD melaksanakan beberapa agenda.

Agenda yang dilaksanakan yakni, Pengresmian Pembangunan Fisik Dana APBD Tahun Anggaran 2018 di Kecamatan Limboto Barat. Antara lain,  Pengresmian Pembangunan Rabat Beton Dusun Tenga ( 202 m x 2 m), Dusun Polantanga Jalan Desa Rabat Beton, (218 m x 3 m), Pengresmian Pembangunan Rabat Beton Dusun IV Desa Yosonegoro 254 m x 2.5 M, Pembangunan Plat Deker  Dusun I Hutabohu 260 m x 2 m, dan Rehabilitas 1 Paket Puskesmas Limboto Barat, sumber dana alokasi khusus (DAK), Pengresmian Pembangunan Jaringan irigasi desa Ombulo dusun Marisa I, pengresmian Drainase desa yosonegoro 600 meter dan jalan rabat beton 1.400 meter, peresmian Pembangunan Mahyani (BAZNAS) Dusun IV Desa Tunggulo, serta Pengresmian Pembangunan Drainasde,Dusun IV Desa Pone.

Dalam sambutannya Nelson berharap, Proyek yang sudah selesai dikerjakan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dalam melakukan aktifitas mobilisasi pengangkutan hasil-hasil panen.

”Mari kita jaga dengan baik berbagai fasilitas  yang sudah diresmikan " Harap Nelson Pomalingo.

Kemudian, Nelson Pomalingo mengatakan, terkait peningkatan pembangunan puskesmas itu diharapkan menjadi pusat penanganan tingkat pertama bagi masyarakat.

" Jadi tidak mesti ke rumah sakit kalau masih bisa sembuh di fasilitas kesehatan di tingkat Puskesmas," Kata Nelson Pomalingo.

Dengan peningkatan pembangunan puskesmas ini dapat memenuhi fasilitasi sarana dan prasarana yang masih kurang.

Pada petugas puskesmas, Nelson juga berharap agar memperhatikan fasiltas, WC dan saluran air.

" Fasilitas ini diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah baru " Pinta Nelson Pomalingo.

Terkait mahyani, Nelson Pomalingo menuturkan, bahwa ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengintervensi penurunan angka kemiskinan di daerah ini.

Nelson Pomalingo menabahkan, Tahun 2016, Pemerintah berhasil membangun 500 unit, Tahun 2017 1600 unit, Tahun 2018 2600 unit dan tahun 2019, saat ini data yang akan dibangun 2435 dan data ini jika tidak aral melintang akan bertambah mengingat kebutuhan rumah mahyani bagi masyarakat masih cukup banyak.

"Masyarakat Kabupaten Gorontalo saat ini ada 19 ribu jiwa yang membutuhkan dan bertahap dipenuhi. Target kita dalam lima tahun bisa membangun 10 ribu rumah mahyani " Tutur Nelson Pomalingo.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Syamsul Baharuddin mengatakan, Peresmian proyek-proyek hari ini, Khusus di Limboto barat adalah sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo pada masyarakat kecamatan Limboto barat.

"Dan ini merupakan bagian dari penuntasan janji Bupati Nelson, pada rakyat, khusus di kecamatan Limboto barat, sebelum tahun 2021 semua janji politik pada saat kampanye lalu sudah tuntas. " Tandas Syamsul.

Untuk diketahui, rumah di desa haya haya 30 unit, desa  yosonegoro 57 rumah. Total anggaran yang di resmikan di kecamatan  Limboto barat kurang lebih 17 Milyar.***