Bupati Nelson Pomalingo : Pemerintah Akan Sediakan 36 Hektar Lahan Untuk Rakyat

Bupati Nelson Pomalingo : Pemerintah Akan Sediakan 36 Hektar Lahan Untuk Rakyat

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Alwin Ibrahim

Editor : Yance Harun 

 

 

 

 

GoSulut.Id - Limboto - Ketua Satgas Pengendalian dan Pengawasan Sejuta Rumah Kementerian PUPR-RI  dan Direktur Rumah Umum Komersial melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Gorontalo.

Kunjungan Dirjen Penyedian Perumahan Kementerian PUPR RI, di sambut langsung oleh Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo di rudis bupati, selasa (7/5/).

Dalam kunjunganya Ketua Satgas Pengendalian dan Pengawasan Sejuta Rumah Ir. Lucky H. Korah, M.Si menyampaikan kunjunganya tersebut dalam rangka membicarakan program presiden yang sementara jalan saat ini.

"Kunjungan ini dalam rangka membicarakan kesuksesan program sejuta rumah yang menjadi program presiden di seluruh Indonesia, termasuk di Gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo, program-nya sementara jalan,” kata Lucy H. Korah.

Hal senada di sampaikan, Direktur Rumah Umum dan Komersial, Moch Yusuf Hariagung, MM, MT.

"Kedatangan kami ke Gorontalo untuk mendorong percepatan program sejuta rumah di Gorontalo, program sejuta rumah in telah di canangkan oleh bapak presiden sejak tahun 2015 dan program ini sudah berjalan sampai dengan sekarang. Kami berharap di tahun ke lima ini kita punya target 1,25 juta, yang tentunya kontribusinya juga bagian dari Provinsi Gorontalo. Jadi program sejuta rumah ini, merupakan program gerakan bersama dari seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang, masyarakat dan CSR yang sama-sama menyediakan rumah bagi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah,” ucap Moch Yusuf Hariagung, MM, MT

Semoga kehadiran kami di Provinsi Gorontalo ini menjadikan satu daya ungkit yang lebih besar lagi. Supaya segala bentuk kekurangan kebutuhan rumah, bisa di selesaikan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Masih di tempat yang sama, Bupati Prof. Nelson Pomalingo menyampaikan pihaknya akan terus mendorong program pemukiman.

"Terutama program pemukiman kita terus di dorong, bagi masyarakat miskin. Alhamdulillah setiap tahun rata-rata hampir dua ribu kita dapatkan. Dan tahun depan kita berharap bisa dapat lagi. Tapi ternyata ada program presiden sejuta rumah, nah ini peluang untuk kita sekalian. Karena memang saya punya target, kalau dapat selama masa jabatan saya lima tahun ini, 10 ribu rumah dapat tercapai. Dan yang kita sudah bangun sudah ada 7 ribu Rumah, jadi tinggal 3 ribu lagi yang akan kita bangun kedepan  ," tegas Bupati Nelson Pomalingo yang bertangan dingin.

Nelson Pomalingo juga menambahkan, saat ini kurang lebih 36 hektar lahan yang sudah disediakan pemerintah.

"Program kita berkaitan dengan itu, kita punya lahan jadi nanti akan di peruntukan pada komunitas, dan komunitas pertama adalah honor, abang bentor dan lain-lain, mungkin juga akan masuk disitu komunitas wartawan, karena tanah yang ada sekarang kurang lebih 36 hektar dan itu HGU, nanti kita buat master plenya dan komunitas-komunitasnya," ucap Nelson Pomalingo.

Pemerintah juga akan segera membantu masyarakat yang tidak memiliki tanah dan rumah.

"Tanah dan rumah sertifikat kita akan berikan cuma-cuma, yang akan di rencanakan, karena selama ini kita hanya membantu bagi yang sudah punya tanah dan sudah punya rumah kumuh. Sedangkan orang yang tidak punya rumah serta tanah tidak di bantu. Mulai tahun ini kita akan bantu dan lokasi tanah yang dijadikan sasaran yaitu di Desa Isimu Kecamatan Tibawa, salah satu pembangunan dari program satu juta rumah, kita juga saat ini sementara mengusulkan Rumah Susun (Rusunawa) ," jelas Nelson Pomalingo.***