Bupati Nelson Pomalingo Minta IPSI Dimasalkan Di Gorontalo

Bupati Nelson Pomalingo Minta IPSI Dimasalkan Di Gorontalo

Liputan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Ifan Ceper

 

 

 

GoSulut.Id  -Limboto-  Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI ) Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo menutup secara resmi  Grand Final Sirkuit Pencak Silat Provinsi Gorontalo Tahun 2019.  Kegiatan yang berlangsung mulai Pukul:09.00 Wita tersebut berempat di Padepokan Pencak Silat Gorontalo, Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo,minggu (24/02).

Dalam sambutannya Nelson yang juga Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendukung berbagai kegiatan olah raga, salah satunya silat yang telah dibangunkan pedepokan untuk menjadi tempat latihan bagi para jawara-jawara pesilat di Provinsi Gorontalo.

"Lokasi Pedopkan Talumelito kalau dapat digunakan setiap minggu, untuk latihan sambil juga berekreasi ditempat ini, karena lokasinya di tempat wisata," Harap Nelson Pomalingo.

Terkait silat dirinya terus melakukan penjajakan dan pelatihan, baik itu di alirannya masing-masing, maupun melaksanakan pertandingan perwilayah.

"Baru-baru ada pertandingan perwilayah, untuk wilayah satu yaitu Kota Gorontalo dan Bone Bolango,  wilayah dua Kabupaten Gorontalo dan Gorut dan wilayah tiga Boalemo dan pohuwato serta grand Finalnya tiga hari lalu dilaksanakan dan hari ini kita tutup," Ungkap Nelson Pomalingo.

Nanti penggodokan-nya dilakukan secara berjenjang dan Alhamndulillah, melahirkan para atlet yang tidak hanya juara local, bahkan beberapa kali atlet ini mengikuti di tingkat regional yakni di manado dan kemudian ditingkat nasional melalui sirkuit silat termasuk kejurnas.

"Alhamndulillah, dibeberapa pertandingan teman-teman atlet ini bisa juara dan harapannya sekali lagi membawa nama baik Provinsi Gorontalo,"Tutur Nelson Gorontalo.

Pertandingan ini juga merupakan persiapan prapon, maka atlet yang sudah terjaring sekarang dilatih terus melalui alirannya dan dilakukan pengodokan-penggodokan secara berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nelson Pomalingo juga meminta, agar silat ini dimasalkan, apalagi IPSI sudah melakukan MoU dengan Diknas dan Dispora.

"Hubungi Diknas, sebagai bentuk kerjasama dengan IPSI, guna  memasalkan IPSI ini disetiap sekolah,SD,SMP,SMA/SMK, supaya bulan depan semua siswa sudah bisa berlatih silat," Harap Nelson Pomalingo.

"Jadi itu, Intruksi saya selaku Bupati Kabupaten Gorontalo ,bukan karena saya sebagai ketua IPSI,  tapi ini guna melestarikan budaya.

"Kenapa Tawkoundo sekarang juara di manado, begitu juga kareta dan yudho dan sebagainya bisa maju, namun itu bukan budaya Indonesia, maka IPSI sebagai budaya indonesia harus dimasalkan mulai sekarang," Tegas Nelson Pomalingo.

Ingat, di Gorontalo ada Langga dan Longgo , sangat penting sekali ditingkatkan dan dipertahankan budaya-nya, walaupun belum dimasalkan, saya bergembira karena semua wilayah kurang lebih 10 ribu silat yang ada di Provinsi Gorontalo,"Tandasnya.***