Bupati Nelson Pomalingo : Mari Kembalikan Kejayaan Makanan Khas Gorontalo

Bupati Nelson Pomalingo : Mari Kembalikan Kejayaan Makanan Khas Gorontalo

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Alwin Ibrahim

Editor : Olla Paputungan

 

 

 

GoSulut.Id - Limboto - Pagi tadi Pemerintah Kabupaten Gorontalo melaksanakan kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Gorontalo Tahun 2019. Dengan mengambil tema "Ciptakan Kreasi Makanan Berbahan Pangan Lokal Untuk Kembalikan Kejayaan Makanan Khas Gorontalo,” selasa (23/4).

Lomba ini berlangsung di gedung Kasmat Lahay dan diikuti oleh seluruh peserta dari 19 Kecamatan se Kabupaten Gorontalo.Bupati Prof. Nelson Pomalingo Menyampaikan tiga hal mengenai lomba ini antara  lain.

"Pertama, inovasi ini harus terus dilakukan, sebab tahun ini melebihi dari tahun yang lalu.

Karena saat sekarang, ada yang menarik dari segi menu makan dan minum. Ada-nya kolaborasi antara minuman seperti pinahong dan kelapa muda. Maka hal positif dari lomba, sangat penting sekali di tularkan pada masyarakat.  Apalagi bahan di gunakan mudah di dapat, sebab lokal dan bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Untuk itu, bahan bahan yang saya sampaikan tadi, harus di tulis dan di buku-kan, kemudian di sosialisasika. Yang ketiga ini, harus di kolaborasi-kan dengan dinas yang terkait, terutama kaitannya dengan bahan-bahanya seperti ubi jalar,pinahong dan lain-lain, ini harus di tanam oleh Dinas dan PKK, agar masyarakat mengetahuinya," harap Nelson Pomalingo.

Kedepan-nya, kegiatan ini bukan hanya di tingkat Lokal namun harus berskala internasional.

"Dan terakhir, mudah-mudahan lomba ini bukan hanya di tingkatan local, namun harus ke tingkat Nasional, bahkan ke tingkat Internasional,"kata Nelson Pomalingo.

Hal senada di sampaikan oleh, Ketua Penggerak PKK, Hj. Forry Naway, lomba ini sebagai bentuk penjaringan peserta yang akan mewakili Kabupaten Gorontalo ke tingkat Nasional.

"Kegiatan seperti ini adalah kegiatan tingkat nasional, namun di serahkan ke tingkat kabupaten/kota untuk menjaring ke tingkat provinsi.Pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang akan menjaring nanti ke tingkat Nasional. Kemarin Alhamdulillah, kami juara dua, tapi kali ini harus meraih juara pertama," jelas Forry Naway.

Maka melalui inovasi yang ada sekarang, sanagat penting sekali di sosialisasikan pada masyarakat.

"Lewat beberapa yang telah di sajikan, seperti kolaborasi antara jus pinahong dan kelapa muda. Merupakan sebuah inovasi dan harus di masyarakatkan. Bahkan saya tadi sudah sampaikan ke ibu-ibu, jangan hanya sampai di lomba, namun targetnya kuliner ini, perlu di budayakan oleh masyarakatkan. Apalagi saat ini kita punya potensi-potensi wisata kuliner, sehingga bagaimana harus mempopulerkan kuliner-kuliner khas daerah," ucap Forry Naway.***