Bupati Nelson Pomalingo Instrusikan Pada Camat Dan Lurah/Kades Serta OPD Terkait Sampah

Bupati Nelson Pomalingo Instrusikan Pada Camat Dan Lurah/Kades  Serta OPD  Terkait  Sampah

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Ifan Ceper

 

 

 

GoSulut.Id – Limboto - Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama TNI dan Polri mencanangan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Tingkat Kabupaten Gorontalo tahun 2019.

Pencanangan ditandai dengan kerja bakti di wilayah sekitar shoping center, sebelum-nya kegiatan diawali dengan upacara HPSN di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru, jumat (22/2)

Ditemui usai kegiatan, Bupati Nelson Pomalingo mengatakan, alasan ini dilakukan karena namanya sampah adalah musuh bersama dan sampah setiap hari itu diproduksi oleh kita semua.

"Oleh karena itu, Kita melakukan pencanangan Peduli sampah ini tidak sekedar ceremony, tapi hari ini, Saya sudah awali dengan kerja bakti di lokasi shoping center, bahkan sudah di intrusikan keseluruh camat, Kepala Desa dan Lurah, juga OPD, guna membersihkan lingkungan masing masing sebagai contoh  pada masyarakat, selama seminggu kedepan dan terus kita evaluasi ” Jelas Nelson Pomalingo.

Tetapi Kata Nelson Pomalingo, yang paling utama Kita lakukan saat ini, guna menumbuhkan kesadaran, bagaimana-pun yang dibuat pemerintah untuk mencanangkan dan sebagainya, tapi tidak ada kepedulian masyarakat, maka akan mengakibatkan sampah tetap berserakan di mana mana.

”Sampah jangan sekedar menjadi musuh, namun justru menjadi hal produktif, dengan cara merubah fungsi-nya, agar dapat mendatangkan sumber pendapatan dan penghasilan” Ungkap Nelson Pomalingo.

Saat ini di Dinas Lingkungan Hidup, sudah ada Bank Sampah, masyarakat-nya telah memiliki penghasilan mencapai 10-20 juta setiap bulan. Hal itu menunjukan bahwa sampah tidak sekedar musuh, namun jika dikelola secara baik, akan menjadi sebuah pendapatan masyarakat," Ungkap Nelson.

Mengapa pemerintah memusatkan perhatian di TPA, sebab di sana paling banyak terdapat tumpukan sampah yang di kelola secara baik, sedangkan Shoping Centre Limboto, menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dan bahan produksi sampah paling banyak di tempat itu, namun belum di kelola secara baik.

”Mulai sekarang Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan terus mengawasi kebersihan di wilayah tersebut, sebab Piala Adipura harus tetap dipertahankan secara berkelanjutan" Tandas Nelson Pomalingo.***