Bupati Nelson Pomalingo Gelar Apel Bersama Di TPA Talumelito

Bupati Nelson Pomalingo Gelar Apel Bersama Di TPA Talumelito

Liputan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Maman Ntoma

 

 

 

GoSulut.Id – Limboto - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN ) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menggelar apel bersama dengan TNI dan Polri, (22/02/19).G

Apel yang digelar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Talumelito Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo tersebut bertindak sebagai inspketur upacara Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo.

Turut hadir Waka Polres Gorontalo, Pimpinan OPD, Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup pemerintah Kabupaten Gorontalo serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Nelson Pomalingo mengatakan, hidup sehat sangat penting dan mudah di lakukan, salah satu-nya dengan menjaga lingkungan agar tetap selalu bersih.

”Salah satu-nya dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga di sediakan tempat sampah di sekitar kita, maka hal demikian di mulai dari hal kecil, dari dalam rumah sendiri” Kata Nelson Pomalingo.

Berbicara sampah, memang terlihat gampang diucapkan, tapi bagi masyarakat susah untuk menerapkan langsung di lingkungan sekitar.

”Apalagi pengelolaan sampah dalam bentuk pengumpulan,pengangkutan, pemrosesan, pendauran ulang atau pembuangan dari material sampah” Jelas Nelson Pomalingo.

Kehadiran sampah sebagai limbah aktifitas domestik, komersial maupun industri, tidak bisa dihindari, bahkan semakin kompleks dan meningkatkan pencemaran lingkungan, akibat perkembangan industri industri kecil, guna meningkatkan perekonomian dari waktu ke waktu di daerah.

Nelson juga mengingatkan, beberapa cara untuk menghindari penumpukan sampah diantranya, metedo pembuangan, metedo daur ulang, metode pengelohan bilogis, pemilahan sampah serta metode tempat pembuagan akhir.

”Hari ini kita bersama-sama dengan jajaran TNI - Polri dalam memerangi sampah, oleh karena itu saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada jajaran-nya dan masyarakat yang telah turut serta dalam kegiatan memperingati HPSN Tahun 2019, mari kita perangi sampah, lindungi bumi dari pencemaran limbah" Tutup Nelson.***