Bupati Nelson Pomalingo Gagas Poli Tani Di Kabupaten Gorontalo 

Bupati Nelson Pomalingo  Gagas Poli Tani Di Kabupaten Gorontalo 

Laporan Wartawan www.gosulut.id, Ifan Ceper

 

 

Gosulut.Id – Limboto – Guna meningkatkan citra Para Petani di daerah, serta mencetak petani-petani unggul dan profesional, Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo akan menggagas serta mengembangkan Poli Teknik Pertanian Gorontalo (Poli Tani), yang belum ada di Provinsi Gorontalo.

"Insya allah tahun ini akan dibuka poli tani di Gorontalo terpatnya di Desa Balahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dan terdapat 5 jurusan di antaranya, Jurusan Kelapa berdasarkan Komoditi, Jurusan Jagung, Ternak Sapi, Ternak Unggas dan Budidaya air tawar" Kata Nelson Pomalingo disela-sela pengeresmian sekertariat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) Provinsi Gorontalo, Sabtu (02/02/19).

Nelson Pomalingo yang juga selaku Ketua HKTI Provinsi Gorontalo itu mengatakan, perencanaan pembentukan Poli Tani, sebelumnya telah dikonfirmasi ke L2 Dikti dan kementrian riset Dikti saat persemian Univeristas Negeri Gorontalo pekan kemarin. Maka Poli Tani tersebut akan dikaloborasikan bersama HKTI, sehingganya HKTI tidak hanya sekedar Himpunan Para Petani , melainkan mampu mencetak para petani baru yang profesional dibidangnya.

”Melihat Sumber Daya Alam di daerah sangat bagus, sehingganya Gorontalo harus memiliki Sumber Daya Manusia yang Profesional dan unggul, seperti yang disampaikan oleh Presiden RI bahwa, Perguruan Tinggi harus berbasis Potensi local” Ungkap Nelson Pomalingo.

Nantinya mahasiswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi, dalam hal ini Poli Tani, diperkhususkan bagi mereka anak-anak petani.

"Dengan lahirnya Poli Tani, kita akan merubah citra daripada petani melalui pembangunan negara serta bangsa kedepan" Tandasnya

Semenetara itu Ketua  Umum HKTI Jendral Purnawirawan Dr. Moeldoko menyatakan, sangat senang bahwasah-nya akan di buat politani di Gorontalo, maka Saya menyatakan, siap untuk menjadi pembina dalam perguruan tinggi yang di canangkan Bupati Nelson Pomalingo.

Jendral Bintang empat itu  menambahkan, terkait dengan dukungan administrasi, moeldoko akan mengkomunikasikan dengan kementrian, terkait atas pendirian Poli Tani, apalagi 2019 ini pemerintah pusat akan berfokus pada pemberdayaan sumber daya manusia, akan ada sebuah mobilisasi besar-besaran.

" Secara substantif, saya ingin ikut dalam pendirian serta pengembangan tersebut, sehingganya perubahan-perubahan yang kita inginkan bersama atas perbaikan petani akan lebih cepat, dan kehadiran saya, dapat memberikan kontribusi positif" Ungkap Kepala Staf Kantor Presidenan RI  Itu.***