Bupati Nelson Pomalingo Dampingi Presiden Jokowi Panen Raya

Bupati Nelson Pomalingo Dampingi Presiden Jokowi Panen Raya

Laporan Wartawan WWW.GOSULUT.ID, Ifan Ceper

 

 

GoSulut.Id - Limboto - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama Istri Tercinta Dr. Fory Naway, mendampingi  Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan panen raya jagung di Desa Motilango, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, pada Jumat, 1 Maret 2019.

Presiden ,Jokowi mengatakan, sentra-sentra produksi jagung nasional dalam beberapa tahun terakhir, mampu meningkatkan produksinya, sehingga bisa menekan impor jagung.

"Kita patut bersyukur, empat tahun yang lalu kita impor jagung 3,5 juta ton, sekarang ini impor kita kecil sekali. Di 2018 kemarin 180 ribu ton, karena sudah bisa disuplai dari produksi para petani jagung," Ujar Jokowi saat berdialog dengan para petani jagung.

 Produksi  jagung di daerah daerah meningkat tajam dari tahun ke tahun, sejak  tahun 2016 lalu, Gorontalo hanya mampu memproduksi sebanyak 692 ribu ton, jumlah tersebut meningkat jauh di tahun 2018 menjadi 1,5 juta ton.

Meski demikian, kita harus mensyukuri peningkatan produksi salah satu komoditas tani tersebut, sehingga kesemua-nya harus terus di dorong, maka tetap harus berhati-hati, guna menjaga keseimbangan antara suplai dan permintaan.

Untuk dapat meningkatkan ekspor jagung,dengan menjaga keseimbangan harga. Presiden Jokowi menekankan, bahwa jagung ekspor Indonesia harus berada dalam kualitas terbaik. Selain itu, harga komoditas jagung ekspor juga, harus kompetitif.

"Permintaan jagung masih banyak, hanya yang paling penting harga kita kompetitif, namun kualitas juga harus baik," Ucap jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syaidah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr.Fory Naway.

Sementara itu, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan rasa syukurnya, sebab dengan kedatangan Presiden Jokowi , membawa berkah bagi rakyat, terutama bagi rakyat Kabupaten Gorontalo.

"Karena kegiatan presiden dalam kunjungan kali ini, lebih banyak di Kabupaten Gorontalo, tadi panen raya di Desa Motilango Kecamatan Tibawa, Sholat Jum”at di Masjid Baiturahman Limboto, Kunjungan ke Universitas Muhamadiyah Gorontalo dan penyerahan Kartu Indonesia Pintar di Gor David-Tonny," Ucap Nelson.***

Kehadiran Presiden Jokowi di Provinsi Gorontalo, ingin melihat dari dekat, bagaimana kondisi rakyat di daerah daerah dan apa saja yang menjadi tingkat kebutuhan masyarakat.

”Khususnya bidang pertanian, kemudian pengembangan SDM, bahkan presiden datang di Universitas Muhamadiyah Gorontalo untuk meresmikan Rusunawa, dalam kesempatan itu Presiden, Jokowi  berjanji akan menambah satu lagi rusunawa di Kabupaten Gorontalo,” Jelas Nelson Pomalingo.***