Bupati Nelson Pomalingo Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

Bupati Nelson Pomalingo  Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

Liputan Wartawan WWW.GOSULUT.ID

Editor : Yance Harun - Ifan Ceper

 

 

 

GoSulut.Id -Pilohayanga- Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, Air limbah atau air buangan tidak bisa dibuang begitu saja, seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak bisa dibuang sembarangan. Meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup.

Untuk itu, dengan dibangunnya Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal ) adalah sarana untuk mengolah limbah cair.

" Dibangunnya ipal karena untuk menjaga lingkungan agar menjadi sehat " Tegas Bupati Nelson saat meresmikan Ipal komunal di desa pilohayanga barat, Senin (08/04).

Kalau ini tidak, air limbah menjadi sumber penyakit." Nah, kita atasi dari sumbernya, jadi jangan mengatasi masalah diakhir, mengatasi masalah diawal "ucap Nelson Pomalingo.

Karena itu, mohon ditata dan digunakan dengan baik Ipal komunal, karena apapun yang dibuat pemerintah,rakyat yang menikmati dan rakyat pula yang memelihara.

" Kalau  tidak dipelihara , rakyat itu sendiri yang akan menanggung kerusakan lingkungan dan berakibat fatal bagi kesehatan. Maka, instalasi ini mohon dijaga dan digunakan dengan baik " jelas Nelson Pomalingo. 

Untuk diketahui, Pembangunan IPAL komunal ini bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 620 juta tahun 2018. Tersambung di 42 sambungan rumah dan dinikmati 60 kepala keluarga, 325 jiwa.***