Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo Serahkan Bantuan Banjir

Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo Serahkan Bantuan Banjir
Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo Serahkan Bantuan Banjir

Limboto - gosulut.id - Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo bersama jajaranya, langsung meninjau titik banjir, seputaran wilayah kecamatan dungaliyo.  Didampingi Asisten I Drs.Selmin Papeo, Kepala dinas BPBD Erwan Tone, Kepala Bagian Humas Rachmat Mohamad, Kadis Sosial Yudhi Ekuwanto, Kepala Kesbang Romi Sahrain dan beberapa OPD Lainnya, senin (10/12/18).

Banjir, akibat guyuran hujan deras yang terjadi sejak sore kemarin, Bupati Nelson Pomalingo, langsung memerintahkan OPD terkait, segera tanggap terhadap banjir.  Salah satunya adalah dengan mengerahkan TIM Reaksi cepat BPBD Kabupaten Gorontalo bersama Satpol PP dan tim medis dalam memberikan pelayanan cepat pada masyarakat kena banjir.

”Saya perintahkan dinas terkait, untuk lebih menanggapi banjir yang terjadi ini, salah satunya penanganan korban banjir, dengan menyediakan bantuan tanggap darurat berupa logistik," tegas Neslon Pomalingo.

Setelah pasca banjir di alami masyarakat,  Nelson Pomalingo langsung  memerintah-kan,  Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial serta BPBD untuk dapat melakukan pemulihan fasilitas sosial dan kesehatan serta menyediakan bantuan makanan siap saji dan logistik  bagi masyarakat kena banjir tersebut.

Dalam kunjungan langsung di lapangan, Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo mengatakan, intensitas genangan air, pada beberapa lokasi sudah kembali normal, kemarin sudah mulai menyusut. Aktifitas masyarakat sudah berangsur normal, sehingganya Saya perintahkan BPBD dan Satpol PP untuk membantu warga setempat, melakukan pembersihan.

”Dengan mengerahkan unit mobil pemadam kebakaran, guna mempermudah masyarakat membersihkan tempat mereka dari lumpur dan menyidiakan tim medis di lokasi kena banjir”Ucap Nelson Pomalingo.

Dalam  kunjungan tersebut, di berikan bantuan Logistik, guna kebutuhan sehari hari, berupa beras, indomie, minyak goreng, ikan kaleng, seragam anak sekolah, merupakan tanggap jangka pendek.

"Selanjutnya, pemulihan Jangka panjang, pemerintah Kabupaten Gorontalo, akan memikirkan prioritas lokasi, melakukan penghijawan kembali dengan penanaman pohon bermanfaat bagi masyarakat di desa momala dan ambara dan Peningkatan tanggul serta pelebaran saluran air" tandas Bupati

Dihadapan warga, Bupati Nelson minta kepada camat dan kades, segera memasukan data data dampak banjir, secepatnya dimasukan.

Secara terpisah Plt BPBD Erwan Tone menjelaskan banjir yang terjadi Desa Dungaliyo telah merendam 32 rumah masyarakat, ketingian air 2,5 meter, namun tak ada korban dalam kejadian itu.  Guna mengatisipasi segala kebutuhan warga, setelah musibah terjadi itu, maka pihak BPBD di bantu TNI membantu warga, guna memulihkan tempat mereka, supaya segera bisa di tempati kembali.

”Hal ini, menjadi harapan bupati, guna mempercepat pelayanan, terhadap warga kena banjir” Ungkap Erwan Tone. (Ih-04)