Bupati Gorontalo Prof Nelson pomalingo Dalam RHL, Kepala BPDAS M.Tahir.P Spi Msi : Tujuannya Mensejahterakan Petani

Bupati Gorontalo Prof Nelson pomalingo Dalam RHL, Kepala BPDAS M.Tahir.P Spi Msi :  Tujuannya Mensejahterakan Petani

Liputan Yance Harun

Editor : Mnunu Tangguda

 

 

 

GOSULUT.ID - Limboto - Walaupun dimusim kemarau saat ini, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS)  Bonebolango Provinsi Gorontalo tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat petani.

Hal tersebut telah di buktikan melalui program sosialisasi serta penanda tanganan bersama kepala daerah maupun TNI/ POLRI.

”Pada program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) merupakan suatu keharusan, sebagai upaya mengurangi kerusakan hutan dan lahan, guna mengembalikan fungsi ekosistem hutan serta lahan penanaman yang di kontrakan langsung pada pihak rekanan,” ucap Kepala balai BPDAS Bonebolango Provinsi Gorontalo, M.Tahir.P Spi Msi.

Tapi dalam pelaksanaan penanaman di 12.300 Hektar di wilayah Provinsi Gorontalo,kami akan menunggu hujan,dan setelah proses penanaman bibit sudah dilaksanakan oleh rekanan.

”Nantinya, pihak BPDAS akan melakukan pembayaran, namun bila hal itu belum dilakukan oleh rekanan,kami tidak akan bayar,” kata M.Tahir.P Spi Msi.

Oleh karena itu, kami sangat tegas dengan pelaksanaan,sehingga hasilnya bisa tercapai.

”Guna mencapai semuanya, kami terus akan melakukan sosialisasi program, seperti pada hari Jum’at kedepan nanti. Bupati Gorontalo, Nelson pomalingo akan melaksanakan sosialisasi RHL di desa biluhu dan 4 desa akan di gabungkan serta di fasilitasi oleh camat,”jelas M.Tahir.P Spi Msi.

Respon dan dukungan Bupati Nelson Pomalingo terhadap kegiatan RHL di wilayah ini. Memberikan semangat tersendiri bagi kami semua yang ada di BPDAS.

Selain itu pulah kami menghimbau pada masyarakat dimana program kegiatan RHL tersebut adalah prioritasnya untuk mensejahtrakan petani.

”Karena pada tahun 2019 ini kami akan menanam 70 % untuk buah buahan dan 30 % untuk kayu kayuan. Sementara buah buahan yang kami akan tanam seperti jambu mente, pala dan cengkeh hal itu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," jelas M.Tahir.P Spi Msi.***