Bupati Gorontalo : Besok Wamen PDTT Meresmikan Embung Hutadaa

Bupati Gorontalo : Besok Wamen PDTT Meresmikan Embung Hutadaa

GOSULUT.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo (NP) menyampaikan, begitu banyak potensi desa yang kita miliki saat ini. Karena itu, potensi desa harus diberdayakan. Kalau kreatif dan produktif, bisa saja akan seperti Embung Desa Dumati yang saat ini menjadi lokasi rekreasi wisata bagi masyarakat sekitarnya. 

Hal itu kembali ditegas Nelson Pomalingo pada awak media usai mengunjungi lokasi tersebut, yang berada di Kecamatan Telaga Jaya, Jumat (11/09/2020). 

Dalam kesempatan itu, dirinya pun menitipkan pesan kepada masyarakat untuk terus menjaga lingkungan, apalagi masa pandemi ini, kebersihan lingkungan sekitar diutamakan.

Menurut Bupati Gorontalo, besok Sabtu (12/9/2020) Wakil Mentri (Wamen) Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budi Arie Setiadi akan meresmikan Embung Hutadaa.

"Lokasi ini, merupakan hasil kreasi Kepala desa yang dibangun melalui program unggulan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal," ujar NP.

Program itu dari Kementerian Desa Bidang Pengembangan Kawasan, dan Desa Hutadaa bagian dari desa yang bekerjasama dengan desa lain. Karena embung tersebut adalah penampung air untuk area pertanian hortikultura.

“Bahkan, nantinya tempat itu, bukan saja tempat rekreasi, tapi juga menjadikan produksi ikan yang dimanfaatkan pemerintah desa dalam mendatangkan PAD desa. Apalagi sudah menjadi lokasi kolam pemancingan ikan,” ucap NP.

Bupati Gorontalo menambahkan, hadirnya embung ini, terdapat manfaat bagi masyarakat, sebab tanggul yang berada di dekat embung, dapat menghalau banjir. Bahkan dilokasi itu juga, sudah dilengkapi dengan titik swafoto yang menarik, sebab berada di tepi Danau Limboto. Malah tempat ini  menyediakan cottage bagi pengunjung serta kuliner khas Gorontalo.

“Saya mendengar, tiap bulan rata-rata pendapatannya sudah hampir 20 juta. Berarti desa sudah punya dana untuk mengembangkan desanya. Inilah yang selalu saya dorong untuk seluruh desa terus berinovasi, berkreasi untuk mengembangkan dan membangun desa seperti Desa Hutadaa ini,” tambah NP.

Untuk itu, mari kita berkreasi, terutama di masa pandemi. Tapi harus menjaga imun, agar daya tahan tubuh baik. Namun harus taati Protokol Kesehatan, demi keselamatan kita bersama.***

Editor : Mnt