Buka Seminar, Anas : Masyarakat Wajib Hidup Layak

Buka Seminar, Anas : Masyarakat Wajib Hidup Layak

GOSULUT.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo lewat Dinas Perumahan, Pemukiman, Perhubungan dan Pertanahan, menggelar seminar laporan akhir tahun “Penyusunan Database RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan Backlog”.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf, yang berlangsung di Gedung Hotel Citra Ayu Kecamatan Tilamuta, Kamis (10/12/2020).

Digelarnya kegiatan ini Kata Plt. Bupati Anas Jusuf, untuk mengetahui seberapa banyak Masyarakat yang masih belum memiliki bangunan rumah dan rumah layak huni. Tentunya, data tersebut didapatkan melalui Pemerintah Desa.

“Dalam UU jelas setiap warga masyarakat wajib memperoleh hidup layak atau rumah layak, sehingganya pemerintah daerah berkewajiban itu. Hal ini juga menjadi salah satu indikator Pemda dalam meraih Sistem Akuntabitas Kinerja Instansi Pemerintahan,” terangnya.

Lebih lanjut  Plt. Bupati Boalemo merasa bangga. Pasalnya, saat ini untuk mendata masyarakat yang tak memiliki bangunan rumah dan rumah tidak layak huni (RTLH) langsung bisa diakses melalui Handphone Android dan Laptop.

“Agak menggembirakan pada saat saya berbincang-bincang dengan PT. Arenco, ini sudah bisa di buka di android dan laptop. Artinya pada setiap kebutuhan rumah kita selalu membuat proposal dan berulang-ulang turun ke lapangan, hingga masyarakat kadang merasa bosan, jadi untuk saat ini tidak perlu lagi seperti itu, dan lebih praktis,” ucap Anas.

Plt. Bupati juga ini mengaku, di kabupaten Boalemo sendiri masih ada 5000 Kepala keluarga yang tak memiliki rumah.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan hari ini, angka masyarakat yang tidak memiliki rumah bisa menurun. Ini juga menentukan program-program masa akan datang," tutup Anas.

(Rahim/GS)