Buka Kegiatan Komsos, Danrem 133/NW: Bin KBT Meningkatkan Komunikasi Segenap Anak Bangsa 

Buka Kegiatan Komsos, Danrem 133/NW: Bin KBT Meningkatkan Komunikasi Segenap Anak Bangsa 

GOSULUT.ID - Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, MA., membuka dengan resmi kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Pembinaan Keluarga Besar TNI (Bin KBT) TA 2020, di Aula Makodim 1304/Gorontalo, Kota Gorontalo, Senin (26/10/2020).

"Selamat datang kepada seluruh tamu dan undangan di Markas Kodim1304/Gorontalo. Semoga dengan adanya pertemuan ini, jalinan hubungan antara Korem133/Nani Wartabone dan Keluarga Besar TNI yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat semakin lebih baik lagi," ungkap Danrem.

Ia menyampaikan, disadari bersama bahwa di era serba terbuka dan bebas mengemukakan pendapat saat ini, niat dan perbuatan baik saja tidak cukup untuk menjalin hubungan yang harmonis, tetapi harus pula diikuti dengan komunikasi yang efektif. Hal inilah yang mendasari berbagai program kegiatan TNI untuk senantiasa menciptakan komunikasi yang lancar dengan keluarga besarnya secara berkala, kata Danrem.

Dikatakan, Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia telah memberi amanat kepada Angkatan Darat untuk melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat," paparnya.

"Salah satu upaya penyiapan potensi dan sumber daya yang dimaksud adalah melalui kegiatan pembinaan teritorial, antara lain dengan menjalin, memelihara serta meningkatkan komunikasi dengan segenap komponen bangsa," sambungnya.

Lebih lanjut danrem menerangkan, salah satu komponen bangsa yang menjadi subyek pembinaan Korem 133/Nani Wartabone guna mendukung laju pembangunan dan untuk kepentingan pertahanan Negara adalah keluarga besar TNI, terlebih khusus para generasi mudanya yang terwadahi dalam berbagai organisasi kemasyarakatan kepemudaan seperti FKPPI, HIPAKAD dan PPM.

Olehnya kata Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, melalui para generasi muda penerus perjuangan bangsa inilah angkatan darat berharap memperoleh dukungan penuh untuk mewujudkan ruang gerak dan manuver yang memungkinkan bagi TNI untuk melaksanakan berbagai tugas yang diamanatkan oleh Negara secara efektif dan efisien.

Ia melanjutkan, dengan semakin membaiknya situasi kehidupan bangsa saat ini dan semakin tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD, maka sudah saatnya bagi Korem 133/Nani Wartabone untuk kembali memperhatikan pola pembinaan yang lebih efektif terhadap keluarga besar TNI, yang merupakan perpanjangan tangan Korem 133/Nani Wartabone disetiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara di wilayah Provinsi Gorontalo.

Oleh karena itu, sangat diharapkan bahwa kegiatan pembinaan kali ini benar-benar dapat merevitalisasi soliditas keluarga besar TNI, antara lain dengan mendorong munculnya kader pemimpin bangsa dari unsur FKPPI, HIPAKAD maupun PPM serta meningkatnya partisipasi di setiap program pemberdayaan wilayah pertahanan yang dilakukan oleh Korem 133/NW dan jajarannya, dengan terwujudnya kesamaan visi dan misi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk mewujudkan harapan tersebut di atas, akan disampaikan beberapa materi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia yang meliputi, Pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI-AD dalam bidang teritorial, bela negara, dan peran serta organiasasi keluarga besar TNI dalam mitigasi bencana alam.

Danrem 133/NW berpesan kepada penyelenggara kegiatan, laksanakan kegiatan pembinaan ini sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Awasi dan kendalikan seluruh kegiatan agar semua dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, kemudian segera buat laporan hasil kegiatan sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan pembinaan berikutnya.

"Kepada para pengurus dan anggota FKPPI, HIPAKAD maupun PPM yang menjadi peserta kegiatan pembinaan ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan segenap hati, keinginan untuk berbakti kepada negara tercinta indonesia dan apabila ada saran serta masukan yang perlu guna perbaikan organisasi, silahkan dan jangan ragu untuk menyampaikannya," pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman